Mari Berbagi Cerita!!!

Computer Software

Posted: October 2nd 2012

Pada minggu ke-5 perkuliahan FTI, aku belajar tentang software komputer. Software komputer terbagi menjadi dua, yaitu system software dan application software. System software membuat komputer menjadi bisa berfungsi. System software contoh-contohnya seperti Operating System (OS) dan driver untuk hardware. Application software merupakan software yang digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Contohnya sangat banyak, seperti game, web browser, MS Office, file downloader, audio player, video player, image editor, video editor, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa hal penting yang menyangkut tentang software. Hal-hal itu di antaranya adalah software licensing, software upgrade, open system, dan open source software. Software licensing merupakan hak legal pencipta software yang bersangkutan untuk memasarkan software-nya. Software upgrade berisi pengembangan-pengembangan lebih lanjut dari software yang bersangkutan. Selain pengembangan fitur, software upgrade juga bisa berisi fix dari bug yang ada di versi software sebelumnya. Open system merupakan model computing yang bersifat terbuka sehingga bisa sehingga bisa compatible dengan segala macam hardware atau software. Open source software merupakan software code yang bisa diakses secara bebas oleh para developer agak mereka bisa bebas untuk mengembangkan software-software yang open source itu.

Ada lima generasi bahasa pemrograman. Generasi pertama adalah machine language yang berisi kode biner 0-1, panjang, dan prosesnya rumit. Generasi kedua adalah assembly language yang menghimpun instruksi yang terus-menerus dan struktur kodenya lebih singkat. Generasi ketiga adalah procedural language yang sudah mengandung perintah-perintah tertentu dan struktur kodenya lebih singkat lagi. Generasi keempat adalah non-procedural language yang memerintahkan hasil yang spesifik. Generasi kelima adalah intelligent language yang di dalam pemrogramannya menggunakan kode-kode yang berupa bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php