Mari Berbagi Cerita!!!

Computer Hardware

Posted: October 1st 2012

Di minggu ke-4 perkuliahan PTI, aku mendapat materi tentang hardware komputer. Komponen hardware komputer terbagi menjadi empat, yaitu Central Processing Unit (CPU), memory (penyimpanan primer dan sekunder), input devices (perangkat masukan), dan output devices (perangkat keluaran). Perkembangan hardware komputer masa kini sudah sangat pesat dan canggih. Input devices saat ini beberapa contohnya adalah keyboard, mouse, scanner, webcam, microphone, touch screen, dan touch pad. Untuk output devices beberapa contohnya adalah monitor, speaker, headset, earphone, printer, dan proyektor.

Ada dua komponen utama dalam motherboard, yaitu CPU dan memory. CPU mengandung instruksi yang bertugas memerintah komputer harus berbuat apa. Memory merupakan tempat penyimpanan sementara untuk data dan instruksi tertentu. Selain CPU dan memory, di motherboard juga ada ports dan adapter cards seperti sound card, modem card, video card, dan network card. Serumit apapun perintah yang diberikan pada komputer, bisa dibuat menjadi sangat sederhana karena semua data dalam komputer hanya disimpan dalam bentuk biner dan diproses menggunakan logika-aritmatika.

Memory terbagi menjadi dua macam, yaitu memory penyimpanan primer dan penyimpanan sekunder. Penyimpanan primer berupa register, Random Access Memory (RAM), cache memory, dan Read-Only Memory (ROM). Penyimpanan sekunder dapat berupa, hard disk, flash disk, CD, SD card, atau disket. Penyimpanan sekunder memiliki kapasitas yang lebih besar tetapi bekerja lebih lambat daripada penyimpanan primer. Hal ini dikarenakan penyimpanan sekunder bekerja secara mekanik, sedangkan penyimpanan primer sudah bekerja secara elektrik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php