alfonslie

Kali Tambak Bayan

Posted: June 19th 2015

Lintang selatan 7°46’13.89″S dan bujur timur 110°25’8.29″E sampai lintang selatan  7°46’7.70″S dan bujur timur 110°25’6.01″E. Apakah ada yang mengetahu kordinat tersebut tempat apa??? Mari saya beri tahu. Lokasi tersebut adalah titik transek sungai babarsari dekat kampus Universitas Atmajaya Yogyakarta tercinta kita semua. Bagian sungai ini letaknya dekat dengan greja maria asumpta babarsari, karena dari situlah salah satu jalan masuk kami menuju sungai. Dekat dengan suangai banyak terdapat ibu-ibu dan bapak-bapak beserta dengan anak-anak yang berkeliling, berenang dan memancing di sekitar sungai. Tepat di jembatan babarsari tampak gerombolan anak-anak sekolah sedang mencoba climbing dengan menuruni jembatan Babarsari menggunakan peralatan lengkap dengan harnes, tali, sepatu dan pemandu dari beberapa pecinta alam.

Dari jembatan itu kami turun ke sungai dan mulai menyusuri untuk melakukan survei kami. Kondisi dasar sungai berbatuan, substrat berpasir. Sebelah kiri tepian sungai digunakan oleh warga sekitar untuk kolam budidaya ikan sehingga limbah-limbah cair sisa pemanenan ikan dialirkan ke sungai tersebut. Sepanjang tepi kali masih terdapat semak-semak rerimbuan tanaman sehingga terlihat masih bersifat alamiah. Tidak jauh ke depan dari titik awal dapat dilihat sisi kiri dan kanan sungai, terlihat warga sekitar menggunakan lahannya untuk bercocok tanam seperti padi, kacang tanah dan jagung. Oleh karena itu banyak terdapat serangga seperti capung yang berterbangan dan juga burung – burung kecil yang memakan bulir padi.

11638071_1091350894208361_836647093_n

Berdasarkan hasil penelusuran kelompok kami. Terdapat beberapa biodiversitas yang terdapat di plot kami.

Capture

KSDL

Pada daerah plot kami terdapat aktivitas warga berupa tempat pemancingan serta rumah makan, persawahan, dan juga tempat pembuangan sampah berupa sampah karet (ban bekas). Dari beberapa aktivitas tersebut terdapat beberapa potensi pencemaran daerah aliran sungai berupa pencemaran oleh limbah pemancingan serta pembuangan sampah. Kemudian penggunaan pestisida pada area persawahan ikut andil dalam pencemaran pada daerah aliran sungai babarsari. Tidak adanya pengolahan limbah dari pemancingan dan pembuangan sampah memperburuk kondisi sungai babarsari. Hal ini dapat terlihat dari keragaman gastropoda, pisces, serta insecta yang cukup sedikit di daerah plot kami.

Untuk menangani masalah tersebut kami mengusulkan beberapa program. Program yang akan kami lakukan adalah melakukan penanaman tanaman yang mampu menyerap limbah seperti eceng gondok (Eichornia crassipes). Eceng gondok diketahui mampu menyerap ion logam, berbagai jenis anion dan senyawa organik dari suatu larutan. Disamping itu tumbuhan air tersebut tumbuh sangat cepat pada lahan rawa bersedimen yang miskin oksigen , dan tumbuhan air tersebut juga toleran terhadap limbah yang anaerobik. Selain itu Eceng gondok juga dapat menambah keindahan sungai.

Selain itu program lain yang dapat dijalankan untuk menjaga kebersihan kali Tambak Bayan adalah mengajak warga disekitar kali untuk melakukan kegiatan susur kali yang diikuti dengan kegiatan membersihkan kali. Harapan kami dengan kegiatan tersebut mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab warga sekitar terhadap fungsi dan keberadaan kali Tambak Bayan.

Oleh:

Alfonsius (110801203)

Katon Sindhu Raga (120801248)

Elmo hendrianto (120801271)

Andi somma (120801286)

Richard kion (120801307)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php