alfonslie

Neraka Yang Terlalu Dini

Posted: May 12th 2014

setelah-air-mata-kering-2

12 mei 1998

Ya ,itu adalah 16 tahun lalu dimana kondisi bangsa kemanusiaan bangsa ini berada pada titik terendahnya di era modern ini. Bisa dibilang neraka muncul tiba-tiba bagi sebagian orang. 16 tahun lalu manusia berubah menjadi binatang dalam sekejap. Nafsu mengalahkan segalanya. 16 tahun lalu ratusan atau mungkin ribuan sodara kalian dibantai dengan bengis. diperkosa, dibakar, dipukuli, diseret hingga mati.. ya, mati. Mungkin terlihat terlalu berlebihan.

Tidak menurut saya.. karena itu adalah fakta. fakta yang kalian lupakan karena kalian merasa tidak perlu untuk diingat. Kalian hidup dengan keping uang yang bisa membeli orang lain. Kalian merasa bisa menginjak orang dengan uang. Kalian merasa mereka adalah bangsa pembantu. Tapi kalian ketahui 16 tahun lalu sodara-sodara kita berpikiran seperti itu dan hasilnya. Sodara kalian dibantai tanpa belas kasihan dengan dalil kesenjangan sosial. Belajarlah hidup dengan kerendahan, kalian bukan apa”… kalian adalah manusia pendosa juga. Tidak ada yang membedakan dengan manusia-manusia lain.

Kalian harus malu menjadi orang CINA di negara ini tanpa mengetahui sejarah kelam bangsa kalian di negara ini. Malu karena hidup dengan kedamaian diatas penderitaan sodara kalian 16 tahun lalu tanpa kalian mengetahuinya. Belajarlah, maka kalian akan mengetahui fungsi kalian bagi bangsa ini. Bukan persoalan kalian menjadi tonggak perekonomian bangsa ini, tetapi belajarlah membangun bangsa ini dengan bersih. Mengapa takut kalau kalian juga bisa membaur. Itu hanya persoalan mau dan tidak mau. Hanya persoalan diri kalian merasa lebih tinggi atau tidak. Kalian bisa memandang rendah bangsa ini, tetapi kalian lahir, hidup, mencari nafkah di negara ini. Kalian menjadi penjilat ketika mengelu-elukan bangsa lain tetapi lupa darimana bahasa yang anda ucapkan, darimana nasi yang dimakan, darimana uang yang anda hasilkan. Sejarah memang tidak boleh dilupakan. Orang boleh berkata manusia akan berubah. Tetapi apakah ia akan berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk, entahlah siapa yang tahu. Toh, kita sesama manusia. Untuk menilai orang lain bisa menjadi absurd satu sama lain. Kita harus menolak lupa.. Lupa akan sejarah kelam bangsa kalian di negara ini.. Indonesia tercinta.
Selamat menikmati hasil pengorbanan saudara kalian 16 tahun lalu.

Cerdaslah dalam memilih, karena masa depan bangsa ini ditangan kalian.

Note: Artikel ini bukanlah review buku diatas.


4 responses to “Neraka Yang Terlalu Dini”

  1. Yudhistira says:

    Dalam sekali bung alfon, sebenernya cara pandang kamu itu ada benarnya, dan ada protes dari kata2mu. Yang jelas itu adalah sejarah kelam, yang tidak boleh terulang. Sikap elitisme pada gilirannya bisa jadi bencana. Semoga Indonesia bisa belajar dan jadi lebih dewasa 🙂

  2. alfonslie says:

    terima kasih bung yudhi.. ya nanti kita maju jadi penguasa di negara ini.. tapi yang merakyat. 🙂

  3. debbyrakhmawati says:

    so deep :’) speechlesssssssss

  4. alfonslie says:

    makasih mbak deeeebby 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php