Alexander Benny Pradipta

Wireless and Mobile

Posted: December 2nd 2012

Wireless Technologies
Wireless merupakan perangkat nirkabel yang cukup kecil yang mudah untuk dibawa atau dipakai, memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lain. Bisa terdapat di  PDA, telepon selular dan smartphone. Ada beberapa Wireless Technologies, yaitu

  • Wireless Application Protocol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.
  • Microbrowsers adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.
  • Pager adalah satu arah, nirkabel sistem pesan, ia mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.

Wireless Transmission Media

  • Sistem transmisi microwave banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-point.  Pada point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight), dan kedua, transmisi itu sendiri harus tepat diarahkan dari pemancar ke penerima.  Sistem transmisi satelit menggunakan satelit komunikasi, ada 3 jenis satelit yaitu, Geostationary (GEO), Medium-earth-orbit (MEO) dan Low-earth-orbit (LEO).
  • Footprint : mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data.
  • Transmisi Broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu.
  • Propagation delayadalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon.

Ada beberapa problem pada wi-fi. Diantaranya :

  1. Roaming – pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot menggunakan jaringan wi-fi yang berbeda.
  2. Keamanan – karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, jadi, sulit untuk melindungi.
  3. Biaya – layanan wi-fi yang komersial memang biayanya rendah tetapi tidak gratis dan layanan masing-masing memiliki biaya sendiri.

Solusinya dari problem yang ada pada wi-fi adalah dengan mendeteksi access point yang tidak diijinkan dengan alat dari NetStumbler, block SSID, mengenkripsi transmisi wireless menggunakan WPA, mengetahui siapa yang menggunakan jaringan kita dan apa yang mereka lakukan, secara otomatis pindah ke channel lain kalau ada gangguan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php