Alexander Benny Pradipta

Telecommunications and Networks

Posted: November 4th 2012

Sistem telekomunikasi merupakan Software dan hardware yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain. Komponennya yaitu hardware, software, media, network, data communication provider, protocol, dan application. Dalam mengirim informasi, sistem telekomunikasi menggunakan sinyal. Yaitu sinyal analog dan sinyal digital. Sinyal analog bersifat gelombang yang kontiniu. Informasi yang disampaikan oleh karakteristik gelombang perubahan (amplitudo dan frekuensi). Sementara itu, sinyal digital lebih mudah dipahami oleh komputer karena Informasi yang disampaikan dalam bentuk biner (on or off pulses).

Perangkat keras yang digunakan dalam transmisi data dan penerimaan yaitu modem (perangkat yang mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya), memungkinkan transmisi sinyal melalui sistem telepon), Multipleks (perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal), dan Front-end Processor (komputer khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi). Beberapa Wire-based Communication Channels yaitu Twisted-pair wire (Murah dan mudah untuk bekerja;Lambat; terganggu, keamanan rendah), Coaxial cable (membawa lebih banyak data, terlindung dari gangguan; Lebih mahal, ; keamanan rendah), Fiber-optic cable (mengirimkan informasi sebagai gelombang cahaya melalui serat gelas;cepat, kapasitas tinggi, aman, tidak terganggu; sulit untuk bekerja), Microwave (kapasitas tinggi, relatif murah; membutuhkan garis menara transmisi pandangan, terganggu lingkungan),  Satelit (kapasitas Sangat tinggi, cakupan area yang luas;mahal, propagasi delay, memerlukan enkripsi untuk keamanan), dan radio (Cocok untuk komunikasi jarak pendek, murah, mudah untuk menginstal; kecepatan tinggi;tidak aman).

Telecom Carriers and Services.
Switched lines
– transmission is routed along path to destination, Dedicated lines – continuous connection is established, Wide-area Telecomm Service (WATS) – lower cost long distance telephone service, Integrated Services Digital Network (ISDN) – high speed data transmission over existing phone lines, Digital Subscriber Lines (DSL) – high speed digital transmission over existing phone lines, Tmnet-Streamix.

Network Basics.
Network adalah alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Network Environment meliputi Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Local Area Network (LAN) merupakan sebuah jaringan yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil. Contohnya: rumah atau gedung perkantoran. Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas. Dan Internet adalah WAN terbesar di dunia.

Macam-macam Telecomm Applications

  • Electronic Mail – berbasis komputer pesan
  • Videoconferencing – pertemuan kelompok antara lokasi terpisah
  • Electronic Data Interchange – transmisi elektronik transaksi bisnis rutin
  • Transfer Funds Elektronik – pengolahan elektronik transaksi keuangan
  • Faksimil – pengiriman dokumen elektronik
  • Telecommuting – bekerja di rumah melalui link Telecomm
  • Distance Learning – kelas yang ditawarkan pada waktu yang sama / tempat yang berbeda, atau berbeda waktu / tempat yang berbeda
  • telematika

Terakhir, sebuah perusahaan yang memiliki jaringan komunikasi yang baik dan dapat memanfaatkannya secara maksimal akan meningkatkan kualitas perusahaan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php