Alexander Benny Pradipta

Managing Data and Information

Posted: October 7th 2012

Data merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah perusahaan. Data yang dimiliki oleh suatu perusahaan mengandung informasi organisasi, yang perlu dikelola agar menjadi informasi yang efisien, tepat, dan dapat dimengerti bagi penggunanya. Pembahasan kali ini akan membahas mengenai hubungan IT dengan mengelola data dan informasi organisasi.
Pada sebuah Sistem Informasi, dapat banyak sekali data dan informasi, maka dari itu dibutuhkan suatu system untuk me-management data dan informasi.

Sedangkan Informasi adalah kumpulan data yang sudah terolah atau terorganisir.

  • Data terdiri dari kumpulan files
  • Files terdiri dari kumpulan record
  • Record adalah kumpulan field
  • Field terdiri dari kumpulan berbagai macam karakter

Ada berbagai macam tipe data, yaitu :

  • auto-number
  • text
  • numeric
  • currency
  • object
  • hyperlink
  • dll

Seperti Primary key (identitas unik field pada record), Secondary key (identitas grup dari record), Entity (deskripsi dari  records), dan Attribute (deskripsi dari fields)

Dalam Pengaksesan database ,ada 2 jenis tempat penyimpanan data, Centralized dan Distributed. Pada centralized database memanage data akan lebih mudah karena semua data berada pada satu lokasi yang sama, begitupun ketika dilakukan maintenance, proses akan dimudahkan dengan centralized database. Tetapi centralized database lebih lambat dalam prosesnya karena mungkin terlalu banyak data yang tersimpan di dalamnya. Sedangkan pada distributed database, akan lebih cepat dalam prosesnya karena pengambilan datanya terbagi-bagi sehingga tidak terlalu membebani seperti pada centralized database. Kekurangannya hanyalah ketika maintenance, recovery data akan lebih sulit karena data terbagi-bagi di banyak lokasi.

DBMS adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. DBMS dirancang untuk bisa mengelola data-data dalam jumlah besar. DBMS juga dirancang untuk bisa memanipulasi data dengan lebih mudah. KomponenDBMS itu terdiri dari Definition Language (DDL), Data Manipulating Language (DML), dan Data Dictionary.

Fungsi dari DMBS adalah:

  1. Meningkatkan strategi penggunaan data perusahaan
  2. Mengurangi kompleksitas dari IS environment
  3. Mengurangi redundan dan inkonsistensi data
  4. Meningkatkan data integrity
  5. Application/data independence
  6. Meningkatkan keamanan data
  7. Mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan
  8. Meningkatkan fleksibility dari IS
  9. Meningkatkan akses data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php