Alexander Benny Pradipta

Software Komputer

Posted: September 29th 2012

Software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur di dalam sebuah komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah. Software mengontrol dan mendukung kegiatan sistem komputer ,mendukung aplikasi perangkat lunak dengan mengarahkan fungsi dasar komputer, memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging. untuk diketahui, software tidak hanya dikembangkan menjadi software yang baru. Tetapi,┬áperangkat lunak yang ada juga harus dipertahankan. Peningkatan software yang kompleks menyebabkan potensi peningkatan “bug” (kesalahan). Sedangkan untuk pengujian dan “debugging” software memerlukan biaya yang mahal dan memakan waktu yang lama.Software dapat dikelompokkan menjadi 2. Yaitu System Software dan Application Software. System Software berperan mengelola sumber daya hardware sehingga dapat mendukung software aplikasi. Sementara Application Software adalah instruksi yang digunakan untuk menjalankan tugas spesifik dari pengguna.

Didalam software banyak sekali bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman memungkinkan orang untuk memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Bagaimana Program Dipahami oleh Komputer? Pertama, program yang ditulis dalam bahasa pemrograman (source code). Setelah ditulis, bahasa pemrograman diterjemahkan. Setelah diterjemahkan, program ditulis dalam bahasa mesin (object code). Yang terakhir, instruksi diproses di dalam CPU dan disampaikan kepada pengguna.

Sistem Operasi merupakan Program sistem kontrol utama yang berfungsi untuk mengawasi keseluruhan operasi komputer ,mengalokasikan waktu CPU dan memori utama untuk program yang berjalan pada komputer, serta menyediakan antarmuka antara pengguna dan perangkat keras. Ada juga yang dinamakan Proses manajemen. Yaitu proses yang mengelola program (s) yang berjalan pada prosesor. Ada beberapa proses management. Yang pertama Multitasking atau Multiprogramming (mengelola dua atau lebih tugas, atau program, yang berjalan pada sistem komputer pada saat yang sama), Yang kedua ada Multithreading ( menjalankan dua atau lebih tugas dari aplikasi yang sama secara bersamaan) . Yang ketiga, Timesharing (banyak pengguna berbagi CPU yang sama, masing-masing menggunakan terminal input / output yang berbeda). Dan yang terakhir Multiprocessing ( pengolahan simultan dengan beberapa CPU)

Pada intinya Software dapat dikategorikan sebagai perangkat lunak dan perangkat lunak Sistem Aplikasi. Sistem perangkat lunak menyediakan sebuah antarmuka antara hardware dan software aplikasi., plikasi perangkat lunak melakukan fungsi bisnis yang sangat spesifik, software ditulis dengan bahasa pemrograman yang menyediakan sarana bagi manusia untuk memberikan petunjuk/instruksi kepada komputer, software perlu pemeliharaan, dan harus kita ketahui bahwa tekanan yang sangat kompetitif dalam penggunaan software menuntut suatu perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan software yang digunakan. Solusinya adalah software yang digunakan haruslah sesuai dengan fungsinya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php