Alexander Benny Pradipta

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Posted: September 17th 2012

Pada tanggal 10 September 2012, pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi, kita belajar bagaimana Teknologi Informasi digunakan atau diaplikasikan pada sebuah organisasi modern. Pada materi tentang Teknologi Informasi di Organisasi Modern kita akan  mendiskusikan konsep utama informaton system (IS) , seperti arsitektur & infrastrukturnya, menjelaskan struktur hirarki dari sebuah organisasi dan sesuai dengan IS, mendeskripsikan dukungan yang diberikan karyawan terhadap suatu organisasi, serta mendeskripsikan bagaimana sumber daya informasi dikelolah.

Pertama, kita membahas bagimana konsep dasar dari infrastruktur Informasi. Infrastruktur informasi merupakan fasilitas fisik, jasa, dan manajemen yang mendukung semua sumber daya komputasi organisasi yang didalamnya meliputi perangkat komputer, penggunaan software, network dan fasilitas komunikasi, database (untuk menampung data digital), serta management informasi sendiri. Dalam infrastruktur, kita akan mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan sumber daya komputasi serta mendefinisikan bagaimana sumber daya komputasi spesifik diatur, dioperasikan, dan dikelola.

Sementara, pada arsitektur informasi kita mempelajari bagaimana infrastruktur yang ada, dirancang. Yaitu perencanaan informasi menjadi high level, sesuai kebutuhan informasi dalam perusahaan, serta bagaimana informasi bisa terpenuhi. Dalam arsitektur informasi, kita memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang tersedia lalu direncanakan, serta aplikasi software. Selain itu, arsitektur informasi juga membantu memastikan bahwa TI yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari strategi bisnis perusahaan.

Ada beberapa jenis IS. Yang pertama sistem pengolahan transaksi, berfungsi untuk mendukung / melakukan / mengotomatisasi kegiatan bisnis rutin, mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data transaksi bisnis dasar, menyediakan data dasar bagi banyak sistem lain, kompleks dan canggih dan sangat penting enting untuk keberhasilan bisnis saat ini. Yang kedua, sistem informasi management. Pada sistem informasi management, IS mendukung dalam pengambilan keputusan secara rutin, mengakses, mengatur, meringkas, dan menampilkan informasi, melaporkan secara rutin tentang isu-isu yang diketahui dan bagaimana mengantisipasinya, juga menjawab pertanyaan serta perkiraan tren barang pada saat itu. Yang ketiga, yaitu Office Automation System. Yaitu seperti sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung kantor dan pekerja administrasi. Yang keempat, Decision Support Systems atau sistem pendukung keputusan. Yaitu mendukung secara kompleks,pengambil keputusan manajerial  non-rutin. Sistem pendukung keputusan dibagi menjadi 2. Yaitu Sistem Informasi Eksekutif  dan dukungan sistem kelompok. Sistem Informasi eksekutif adalah dukungan yang tinggi, sering digunakkan setingkat manager. sementara itu, ada dukungan sistem kelompok, yaitu mempekerjakan Groupware untuk mendukung orang-orang yang bekerja dalam kelompok. Yang kelima adalah sistem cerdas. Pada sistem cerdas, orang yang tidak berkompeten pun dapat mengambil keputusan. Contohnya dokter. Dokter memiliki asisten dokter, jika suatu ketika dokter sedang tidak ada di tempat, asisten dokter pun dapat memberikan obat kepada pasien. Tetapi tetap memasukkan data-data yang diperlukan. Dengan kata lain sistem cerdas bisa memberikan pengetahuan yang tersimpan ahli untuk non-ahli, dan tipe baru sistem cerdas dengan mesin-belajar kemampuan yang bisa belajar dari kasus sejarah. Yang ketujuh, End- user computing. Pada hal ini, jika user tidak puas dengan program yang di beli, dia bisa mengambil keputusan untuk mengubah / men setting program yang dia beli sesuai dengan yang dibutuhkan. Bisa di setting sendiri, atau menyuruh orang yang berpengalaman/ profesional dalam bidang pemrograman, misalnya. Yan kedelapan, Knowledge Management Systems. Yaitu IS yang mendukung menciptakan, mengumpulkan, mengatur, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan dari organisasi. Yang kesembilan, Data Warehousing. Adalah database yang dirancang untuk mendukung DSS, kegiatan analisis dan pengguna akhir ESS dan lainnya. Yang terakhir ada Mobile Computing. Yaitu Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan pelanggan atau mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan mereka, dapat dilakukan melalui jalur kabel atau jaringan nirkabel. Misalanya, seorang sales yang mempromosikan barang dan mengirimkan data melalui Personal Digital AssistantPDA.

Bagaimana IS mendukung suatu organisasi?
Pertama, IS mempertimbangkan bagaimana organisasi yang terstruktur. Biasanya oleh departemen fungsional, dalam suatu hirarki, atau mungkin oleh proyek atau dalam struktur matriks. Sementara itu, sistem informasi terdiri dari berbagai aplikasi. Diantaranya untuk kerja individu / tim, departemen, Divisi / Unit, seluruh perusahaan. Sistem informasi juga terjadi antar-organisasi menghubungkan dua atau lebih organisasi yang mempunyai kepentingan umum atau kebutuhan bisnis, serta sangat penting dalam memfasilitasi e-commerce.

Dari berbagai kata dan kalimat di atas, dapat disimpulkan bahwa  Infrastruktur informasi terdiri dari semua fasilitas, layanan, dan manajemen yang mendukung semua sumber daya komputasi. Sistem Informasi diklasifikasikan berdasarkan jenis (TPS, MIS, Support, Cerdas).Sistem informasi yang dirancang untuk mendukung struktur organisasi. Pengelolaan sumber daya IS adalah tanggung jawab bersama IS pengguna Dept dan akhir.

Demikian rangkuman yang saya buat..
semoga bermanfaat…

alexanderbennypradipta / 120707077 / TF / D


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php