Alexander Benny Pradipta

Teknologi Informasi Pada Dunia Bisnis (1)

Posted: September 10th 2012

Pada hari Senin, 3 September 2012, saya belajar tentang Teknologi Informasi Pada Dunia Bisnis. Tujuan kita belajar Teknologi Informasi pada Dunia Bisnis adalah mendiskusikan bisnis dan tanggapan kita di era reformasi. Selain itu, kita juga diharapkan mampu membedakan antara data, informasi dan pengetahuan, dan menggambarkan karakteristik data yang berkualitas tinggi dan yang terakhir menggambarkan sistem komputer.

Saat ini banyak sekali tekanan bisnis yang dialami perusahaan dan para pengusaha. Antara lain persaingan global dan tenaga kerja. Karakter teknologi yaitu perubahan yang cepat, kompleksitas, ekonomi global, kompetisi yang sangat ketat dan fokus pada konsumen. Sekarang banyak barang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia tanpa pajak. Sehingga dapat menghancurkan para pebisnis dan pengusaha di Indonesia.
Mengapa kita harus tahu tentang IT? Kita harus mengenal IT karena IT sangat menarik. Struktur organisasi, management dan proses bisnis tidak lari dari penggunaan IT, IT sangat mempengaruhi bisnis, dan yang terakhir peluang karir sangat melimpah di IT.

Definisi beberapa kata :
– Data  : Adalah fakta mentah dan tidak terorganisasi.
– Informasi : Adalah data yang sudah diorganisir dan bermakna.
– Knowledge : Informasi yang terorganisir untuk menyampaikan informasi. Knowledge ini biasanya suatu bekal pengetahuan untuk membuat keputusan. Misalnya, suatu perusahaan A mengetahui kelemahan dan kelebihan dari perusahaan B. Ini merupakan suatu bekal pengetahuan. Lalu perusahaan A membuat suatu keputusan dari kelemahan dan kelebihan perusahaan B agar menjadi lebih baik.
–  System : Komponen- komponen yang berinteraksi untuk tujuan bersama.
– Komputer : Suatu alat elektronik yang beroprasi dan terkontrol dan tersimpan di dalam memori.
– System Informasi ( IS ) : Suatu sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisa data lalu menyampaikan informasi untuk tujuan yang lebih spesifik. Di dalam IS, ada Input yaitu data, instruksi, informasi. Setelah input ada proccesing, yaitu mengolah data, instruksi dan informasi yang telah di inputkan. Dan yang terakhir adalah output, yaitu hasil dari input dan proccesing. Contoh dalam hal ini adalah membeli tiket. Kita bisa membeli tiket pernerbangan secara online. Lalu kita dikirimkan data untuk selanjutnya kita print out dan saat kita akan berangkat, kita tinggal menunjukkan saja yang telah kita print out.
– IT ( Information Teknologi ) : Adalah komponen tertentu dari sebuah komputer berbasis IS ( System Informasi).
– ICT : IT yang dikomunikasikan.
– Computer Literacy : Adalah pengetahuan dan pemahaman tentang komputer dan bagaimana cara menggunakan komputer.
– Computer berbasis IS : Adalah software, hardware, data dan manusia yang saling berinteraksi dan menghasilkan aplikasi atau informasi yang berkualitas.

Tentang Komputer.
Apa itu komputer? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, komputer adalah suatu alat elektronik yang beroprasi dan terkontrol dan tersimpan di dalam memori. Di dalam komputer ada beberapa komponen penting. Yaitu Input device, proses/system unit, output device, storage, dan komunikasi jaringan ( network ).
– Input Device : Adalah hardware untuk memisahkan data dan instruksi. ( Contohnya: mouse, keyboard, scanner, digital camera, microphone, PC video Camera).
– Proses / System unit : Sebuah kotak tempat data yang mengandung komponen elektronik untuk memproses data.
– Output Device : Hardware yang menyampaikan kepada pengguna. ( Contohnya : monitor, speaker, printer)
– Storage : menyimpan data, instruksi dan informasi. ( Contohnya : Floppy drive, harddisk drive, CD/DVD drive, Flashdisk drive)
– Komunikasi jaringan : Kumpulan dari komputer dan peralatan komunikasi yang saling berhubungan.
Selain yang disebutkan diatas masih ada lagi. Yaitu Mother Board. Mother Board dibagi menjadi 2. Yaitu CPU dan Memori. CPU berfungsi untuk menjalankan instruksi yang memberi tahu apa yang harus dikerjakan komputer. Sementara memori adalah tempat penyimpanan sementara.
Software Program : Adalah program yang melakukan tugas tugas yang spesifik untuk pengguna.
Server : Computer untuk menerima data .

Apa syarat yang membuat informasi menjadi berguna? Syaratnya yaitu :
– Akurat : Bebas dari kesalahan. Informasi tidak boleh ada kesalahan. Misalnya kita mengetik huruf A di dalam microsoft word. Setelah itu, kita print out dan hasilnya juga tercetak huruf A. Jika yang tercetak huruf yang lain? Bahaya…
– Lengkap : Mencakup semua. Sebisa mungkin informasi harus lengkap.
– Flexible : Dapat dilihat dengan berbagai cara. Dalam hal ini misalnya, kita mengupload data kita di internet menggunakan komputer. Nah, informasi itu harus bisa kita liat juga menggunakan laptop, HP dan yang lain.
– Handal : Dalam hal ini, informasi harus konsisten.
– Relevan : Diterapkan pada isi yang dipelajari
– Tepat waktu : Tersedia saat dibutuhkan.
– Dapat diverifikasi : Bisa dilacak dasar dari informasi tersebut ( dibuktikan ).
– Bisa di akses : informasi harus bisa diakses oleh siapa saja orang yang membutuhkan.
– Aman : Bebas dari kontaminasi baik sengaja maupun tidak disengaja.

Bagaimana penerapan komputer dalam masyarakat? Penerapan komputer dalam masyarakat bisa meliputi education, finance, goverment, helathcare, science, publishing, travel, dan industri.

Kesimpulan dari Materi Penerapan Teknologi Informasi dalam bisnis adalah saat ini bisnis sedang menghadapi tekanan dan TI menyediakan sarana untuk merespon tekanan tersebut, dan yang terakhir pengetahuan tentang IT dan aplikasinya membantu pengusaha mengembangkan strategi bisnis yang efektif.

Demikian rangkuman dari Alexander Benny Pradipta / 120707077 / Kelas D . . .
Atas kesempatan untuk membaca rangkuman saya, saya ucapkan terima kasih..
Semoga Bermanfaat…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php