Alan Dharmasaputra Wijaya

Data Knowledge

Posted: December 8th 2012

Sebuah perusahaan dipimpin oleh seorang manager. Seorang manager memiliki tugas untuk mengatur dan mengelola pekerjaan agar semakin baik. Manager bertugas untuk mengambil keputusan, faktor untuk membuat keputusan adalah :
– Peran Interpersonal yaitu kepribadian sendiri, karena setiap individu berbeda
– Bagaimana seorang manager bisa mengerti keadaan sebuah perusahaan
– Bagaimana anggota organisasi dan manager bisa mengambil keputusan
– Menyingkronkan sistem dari setiap individu, karena setiap individu berbeda untuk menyusun sistem
Setiap data bisa diperoleh dari mana saja. Adapun cara mendapatkan data adalah melalui personal, internal, dan personal. Data dapat dikoleksi melalui wawancara, instrument, dan scanning / transfer ( seperti scanning barcode ). Data yang berkualitas yaitu data yang (a) akurat, ( b ) aman, ( c ) relevan sesuai dengan yang di proses, ( d ) timely / terkini, ( e ) lengkap, dan ( f ) konsisten. Suatu data disimpan dalam data warehouse dan data mart. Data mart merupakan sebuah gudang data yang lebih kecil daripada data ware house.

Bisnis Intelegence merupakan suatu sistem cerdas untuk berbisnis dan sistem pendukung keputusan. Bisnis Intelegence dibuat untuk mengelola dan menggali data. Contohnya Universitas Atma Jaya Yogyakarta, memiliki struktur bagan / data. Bisnis Intelegence akan mengelola, merencanakan, serta memprediksikan suatu data. Sifat dari Bisnis Intelegence yaitu lebih kompleks untuk menentukan keputusan. Ada berbagai model sistem untuk membuat model, diantaranya adalah :
– Ironic Model : Replika sistem secara fisik ( seperti replica mobil )
– Analog Model : Model sistem yang mendekati sistem yang ada
– Kuantitatif Model : Hasil yang didapatkan serupa
– Mental Model : Menggambarkan situasi sistem yang ada
Model dibuat untuk ( a ) mendefinisi masalah, ( b ) mengklarifikasikan masalah, ( c ) membuat model kuantitatif, ( d ) membuat berbagai solusi, ( e ) mengklarifikasi dari solusi tersebut, ( f ) memutuskan solusi.

Excecutive system adalah sistem yang menyesuaikan kebutuhan, sifat dari sistem ini adalah umum dan grafikal, umumnya terkoneksi secara onlime dan datanya di akses secara cepat. Kemampuan dari Excecutive system adalah bebas mengakses, memiliki kemampuan untuk menganalisa, bisa menganalisa sub sistem, membuat reporting, dan mengakses integritas secara mobile. Di dalam mengambil keputusan tersusunlah oleh group, group disini dibutuhkan untuk beberapa orang yang membuat keputusan, kemampuan dari group yaitu berdiskusi kepada sistem serta membuat virtual think.

Online Analytical Processing (OLAP) memiliki sifat :
– Data yang diproses secara online
– Terintegrasi dan dapat diproses dimana saja
– Ada kalkulasi yuang komplek
– Terdapat berbagai tools yang dapat digunakan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php