Alan Dharmasaputra Wijaya

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 25th 2012

Di era yang modern seperti sekarang ini, teknologi wireless merupakan tekonologi popular yang sering digunakan, karena dengan teknologi ini kita dimudahkan untuk melakukan pekerjaan – pekerjaan apapun dimana kita berada. Teknologi wireless merupakan teknologi yang melakukan komunikasi nirkabel, artinya teknologi ini mengandalkan koneksi internet ataupun perangkat mobile lainnya agar bisa saling berkomunikasi. Ada beberapa contoh perangkat yang digunakan manusia untuk menjalankan teknologi wireless diantaranya adalah WAP ( 1 ) merupakan protocol yang digunakan pada teknologi wireless. Microbrowser ( 2 ) merupakan sebuah browser kecil untuk piranti mobile, biasanya browser ini tidak memiliki ukuran file yang besar, melainkan mempunyai ukuran file yang kecil tetapi memiliki kemampuan yang baik dan fleksibel dalam penggunaanya, contoh dari Microbrowser ini adalah perangkat opera mini. Pager ( 3 ) merupakan sebuah sistem dimana seseorang dapat mengirim pesan pada 1 perangkat. Sistem ini hanya bekerja dalam satu arah ( biasa disebut one way ).

Ada beberapa sistem transmisi wireless yaitu :
–    point to point : sistem yang menggunakan transmisi data yang tegak lurus
–    Satelite transmission :
a. GEO :
Tipe satelit ini memiliki ketinggian orbital sampai 35378 km. Satelit ini, dapat mengcover kira – kira setengah bumi. Satelit Geo biasa
digunakan untuk memprediksi cuaca dan mentransmisikan sinyal bumi.
b. MEO     :
Tipe satelit ini memiliki ketinggian orbital sampai 5000-12000 km. Satelit ini, dapat mengcover untuk 1 benua saja. Satelit MEO bisa
digunakan untuk GPS.
c. LEO       :
Tipe satelit ini memiliki ketinggian sampai 300-2000 km. Satelit ini, dapat mengcover untuk 1 negara saja. Satelit LEO biasa digunakan
untuk mentransmisikan sinyal telepon.
Adapun istillah – istilah dalam sistem transmisi wireless yaitu footprint merupakan area cakupan satelit. Broadcast merupakan penyebaran informasi ke berbagai perangkat. Propagation delay merupakan suatu renan waktu yang muncul akibat transmisi satelit ke bumi.
Di dalam teknologi wireless terdapat teknologi GPS dan Asisted GPS, GPS mengunakan teknologi yang menggunakan teknologi satelit, sedangkan teknologi assisted GPS menggunakan teknologi provider cellular. Teknologi ini memiliki 24 satelit, tetapi cukup menggunakan 3 satelit saja. Di analogikan sebuah bumi berbentuk 3 dimensi yang memiliki elemen – elemen X, Y, Z. sumbu – sumbu tersebut mewakili dari ketiga satelit tersebut. Terdapat juga teknologi IOS, teknologi ini menyambungkan internet langsung dengan satelit. Ada berbagai macam teknologi radio diantaranya adalah :
– Satelit Radio : Satelit yang berfungsi untuk mengirim sinyal
– Infrared        : merupakan teknologi yang lebih ke line of sigh yang tertuju pada 1 arah saja.
Terdapat juga teknologi blueooth, teknologi ini menggunakan gel radio di satu area. Teknologi ini memiliki kemampuan bisa menghubungkan 8 perangkat. PAN merupakan teknologi yang terhubung pada 1 area yang sama. Terdapat zigbee, teknologi ini sama seperti Bluetooth yang bisa menghubungkan lebih dari 8 perangkat. Ada juga teknologi WLAN, teknologi ini memiliki 2 macam yaitu teknologi Wifi dan teknologi Wimax. Wifi dapat terhubung dalam hotspot yang mengatur hubungan antar peangkat komunikasi. Permasalahan dari teknologi ini yaiu lemah pada suatu kejahatan, roaming yang berarti tidak bisa pindah ke hotspot lain dan harga untuk Wifi tersebut, sedangkan Wimax merupakan teknologi Wifi yang cakupannya lebih luas.

Mobile computing merupakan suatu perangkat yang melakukan computing secara mobile. Mobile Comerce merupakan suatu transaksi secara commerce yang menggunakan perangkat mobile. Mobile Comerce sering di gunakan dalam aplikasi perbankan, pembayaran umum, m – banking, e – payment dan lain sebagainya. Dalam mobile computing terdapat mobile portal dan voice portal. Mobile portal merupakan penyajian informasi secara mobile dan voice portal merupakan penyajian informasi melalui media suara.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php