Alan Dharmasaputra Wijaya

E – Commerce

Posted: October 31st 2012

E – Commerce atau Electronic Commerce merupakan sebuah layanan untuk bertransaksi produk dengan berbasis internet, entah itu menjual, membeli, menukar dan memberi informasi. Dahulu E – Commerce merupakan kerja sama bisnis antar seseorang atau antar perusahaan. Kemunculan E – Comerce terjadi pada tahun 1970an dimana seseorang, sekelompok, atau sebuah perusahaan membentuk transaksi jarak jauh. Dalam jangka waktu tertentu peminat E – Comerce pun semakin berkembang, sehingga munculah Electronic Fund Transfer (EFT) yang merupakan transaksi pembayaran dengan media elektronik dan Electronic Data Interchange ( EDI ) yang merupakan proses transfer data yang terstruktur. Penggunaan E – Commerce pun sekarang banyak di jumpai pada komunitas, pelayanan, proses bisnis, mencari kerja, dan lain sebagainya.

Ada 3 bentuk E – Commerce yaitu E – comerce Traditional ( 1 ), Pure E – Comerce ( 2 ) dan Particial E – Commerce ( 3 ). E – commerce Traditional merupakan sebuah transaksi secara fisik, yang di maksudkan adalah melakukan transaksi secara langsung yaitu melakukan transaksi antar muka. Biasanya transaksi ini terjadi pada pasar, toko, supermarket dan lainnya. Pure E – commerce merupakan sebuah transaksi secara digital, melakukan jual beli secara online dan tidak bertatap muka. Contohnya adalah amazon.com, bhinneka.com, www.tokobelanjaonline.com  Partial E – commerce merupakan campuran dari transaksi E – commerce Traditional dan Partial E – commerce. Jadi transaksi ini bisa terjadi secara offline ( bertatap muka ) dan online. Contoh dari Partial E – commerce yaitu alnect.net toko online komputer. kantornya ada di daerah janti yogyakarta, toko tersebut juga menjual asesoris – asesoris komputer. Kaskus juga bisa sebagai media Partial E – commerce, penjual dan pembeli dapat bertemu secara langsung di tempat yang mereka janjikan.

Ada beberapa type E – Commerce di antaranya adalah :
– Business to business EC (B2B)
– Collaborative commerce (c-commerce)
– Business to consumer EC (B2C)
– Consumer to businesses (C2B)
– Consumer to consumer (C2C)
– Intrabusiness (intraorganizational) commerce
– Government to citizens (G2C)
– Mobile commerce (m-commerce)

Elemen – elemen yang mendukung E – commerce adalah :
– Orang
– Kebijakan Publik
– Teknologi yang ada
– Patner
– Support Service

Aplikasi E – Commerce disesuaikan dengan keinginan yang melakukan transaksi, bisa via e – banking, via payment, kredit card dan lain sebagainya.  Ada beberapa bentuk Electronic payment yaitu :  E – Cash, Smart Card, Person to person payment system.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php