Alan Dharmasaputra Wijaya

Teknologi Komunikasi

Posted: October 12th 2012

Teknologi komunikasi merupakan proses dari 2 atau lebih perangkat komputer yang mampu mentransfer data infrastruktur dan informasi. Agar bisa berkomunikasi, perangkat ini harus saling terhubung melalui sebuah jaringan kabel ataupun jaringan nirkabel. Komunikasi mempunyai komponen – komponen yang saling mendukung di antaranya adalah sebagai berikut :
– Hardware : Merupakan perangkat komunikasi
– Media : Perantara dari perangkat komunikasi bisa berbentuk kabel maupun nirkabel
– Network : Merupakan Jaringan itu sendiri
– Software : Sebagai fungsi dari elemen – elemen di atas agar saling terhubung
– Provider : Merupakan Media Pelayanan
– Protocols : Aturan untuk komunikasi data agar bisa saling terhubung serta mentransfer data
– Aplikasi : Merupakan software itu sendiri
Dalam sistem komunikasi terdapat 2 bentuk sinyal komunikasi data yaitu Sinyal analog dan sinyal digital. Wujud sinyal analog adalah bergelombang seperti gelombang amplitude, berbentuk secret dan continuous. Sedangkan sinyal digial berwujud kotak, berbentuk discreet dan tidak continuous.

Teknologi komunikasi memiliki beberapa hardware yang menyusun terjadinya komunikasi, antara lain :
– Modem :
Mengubah sinyal analog ke sinyal digital, dan sebaliknya , biasanya digunakan untuk menghubungkan telepon
– Multiplex :
Untuk menstransmisikan beberapa sinyal di dalam satu media. Biasanya dari beberapa komunikasi menjadi satu dan diolah secara bersama
– Front end processor :
Suatu alat khusus untuk mengelola komunikasi, merupakan otak dari komunikasi

Sistem komunikasi dapat terjadi melalui beberapa media perantara, diantaranya adalah sebagai berikut :
– Twisted-pair wire
– Coaxial cable
– Fiber-optic cable
– Microwave
– Satelit
– Radio
– Infrared

Bandwith merupakan kumpulan dari beberapa frekuensi yang di transmisikan. Tipe transmisi dibagi menjadi 2 bagian yaitu sinkron dan asinkron. (a) Tipe sinkron merupakan transmisi dari beberapa karakter yang dikumpulkan menjadi satu. Setelah data terkumpulkan, data tersebut langsung dikirim. Pada tipe sinkron sebelum terjadi komunikasi, diadakan sinkronisasi clock antara pengirim dan penerima. (b) Tipe Asinkron merupakan transmisi yang langsung dikirim melalui karakter by karakter. Pada tipe asinkron sebelum terjadi komunikasi tidak di adakan sinkronisasi antara pengirim dan penerima.

Terdapat dua macam tipe jaringan yaitu LAN dan WAN. LAN ( Local Area Network ) merupakan kumpulan jaringan area geografik yang sempit. Beberapa LAN terkoneksi dengan Bridges. LAN dapat terkoneksi dengan jaringan External menggunakan gateway. Jaringan LAN dapat terbentuk dengan beberapa topologi yaitu :
– Topologi Star
– Topologi Bus
– Topologi Ring

WAN (Wide Area Networks ) merupakan kumpulan jaringan area geografik yang luas. WAN merupakan kumpulan dari beberapa LAN. Biasanya jaringan ini digunakan oleh berbagai Perusahaan – perusahaan yang mempunyai cabang banyak. Tidak hanya perusahaan saja, tetapi WAN bisa menyambungkan komunikasi untuk berbagai Negara. Contohnya, internet adalah pengguna jaringan WAN. WAN terdapat dua macam type yaitu VAN dan VPN. VAN merupakan jaringan privat / khusus yang dikelola oleh pihak lain yang diakses dengan cara berlangganan. VPN merupakan jaringan privat yang digunakan perusahaan untuk keamanan data.
– Gateway : Untuk mentranslasikan suatu protocol jaringan ke jaringan lainnya
– Brigde : Menghubungkan 2 jaringan dengan topologi berbeda
– Router : Memberikan jalur pada kumpulan WAN dan LAN


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php