Alan Dharmasaputra Wijaya

Data & Informasi

Posted: October 5th 2012

Di era yang modern seperti sekarang ini, teknologi informasi sangat di butuhkan manusia untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Informasi di bentuk melalui sebuah data. Data memiliki sebuah hirarki atau tingkatan mulai dari Database, File, Record, Fields, dan karakter. Database merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database berisikan file – file tentang data, dimana file tersebut mengandung record ( list ). Record merupakan gabungan dari beberapa field. Field merupakan suatu group logic dari beberapa karakter yang membentuk kata / angka. Field di bagi menjadi 3 bagian yaitu Field size, field name, dan data type. Field size merupakan ukuran dari tampungan karakter. Field name merupakan nama dari fieldnya, nama field tidak boleh sama, dikarenakan fieldname itu seperti sebuah nama ID. Data type merupakan type data untuk menampilkan data yang dikelompokan dan dikhususkan, misalnya perkumpulan angka, perkumpulan teks, dan lain sebagainya. Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam database, yaitu entity merupakan record dari sebuah tabel. Attribute merupakan sebuah field. Primarykey merupakan suatu identitas unik pada field yang tidak boleh sama. Secondary key merupakan file pembeda tetapi tidak unik, digunakan untuk identitas group.

Suatu Penyimpanan database memiliki 2 macam type yaitu terpusat dan terdistribusi. Maksud dari database terpusat adalah data base ini ebih khusus dan hanya ada memiliki 1 database saja di computer server, Biasanya database terpusat digunakan di perusahaan – perusahaan.
Kelebihan dari database terpusat adalah :
– Mempunyai akses lebih cepat daripada database distribusi
– Sistem keamanan lebih terjamin, hanya 1 pemakaian CPU sehingga menjadi sangat efisien
Kekurangan dari database terpusat adalah :
– Semua pengaturan data hanya dilakukan di sebuah server, jika server mengalami gangguan / kerusakan maka semua system tidak akan berfungsi
– Bila beban CPU sangat besar maka kinerja sistem akan menurun

Sistem database distribusi adalah sebuah data base yang tidak khusus dan jangkauan database ini lebih luas, database ini memiliki server lebih dari 1. Contoh dari database ini adala sebuah website kaskus, Facebook, dsb.
Kelebihan dari database ini adalah :
– Kerusakan pada salah satu komputer local berakibat kecil terhadap keseluruhan system
– Pemeliharaan data lebih mudah, karena sumber data disesuaikan dengan daerah asalnya
– Rentang komunikasi cukup jauh, bahkan bisa menembus seluruh dunia
Kekurangan dari database distribusi adalah :
– Dibutuhkan biaya yang cukup besar
– Proses data agak lambat dibandingkan dengan system terpusat
– Membahayakan dari segi keamanan data karena pemakai diberi keleluasaan kerja pada komputer lokal
– Boros dalam system peralatan

Di dalam database terdapat berbagai macam istilah – istilah yang sering digunakan, berbagai macam istilah tersebut adalah sebagai berikut :
– Data Definition Language ( DDL )
Merupakan sebuah bahasa syntax yang digunakan untuk membentuk struktur, skema, logical, dan view database.
– Data Manipulation Language ( DML )
Merupakan sebuah bahasa syntax yang digunakan untuk memanipulasi content. Jadi dengan perintah DML kita bisa menambah, mengurangi, memperbaharui dan menghapus sebuah data pada sebuah tabel.
– Data Dictionary
Merupakan sebuah daftar data untuk mendiskripsikan sebuah data, berbentuk tabel. Data Dictionary akan menampilkan sebuah nama, contain, dan struktur dari semua type data.

Fungsi dari Data Base Management System ( DBMS ) adalah sebagai berikut :
– Mengolah data
– Memudahkan Sistem Informasi
– Mengatur integritas data
– Mengurangi inconsisten redundancy data
– Mengurangi sistem kompleksitas fungsi data


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php