Alan Dharmasaputra Wijaya

Computer Software

Posted: September 26th 2012

Software ( Perangkat Lunak ) adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh computer, data tersebut bisa berupa program atau intruksi untuk menjalankan suatu perintah. Sebuah Software dan Hardware saling berhubungan, mengapa demikian? Karena sebuah Hardware tidak bisa di jalankan tanpa adanya software, begitupun sebaliknya. Software akan selalu berkembang karena tuntutan dan kebutuhan untuk segala bidang. Perubahan software bisa berkembang karena hardware juga ikut berubah. Misalnya Software Photoshop CS5 pada saat ini, tidak akan bisa di jalankan pada proccesor Pentium 4, dikarenakan Proccesor pentium 4 tidak memenuhi standar dari spesifikasi software Photoshop CS5.

Software dibagi menjadi 2 komponen, yaitu system software dan software aplikasi. System Software atau yang sering kita sebut dengan Operating System adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan penting untuk menjalankan dan mengoperasikan computer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka. Banyak sekali macam – macam sistem operasi yang sering kita jumpai saat – saat ini, mulai dari windows XP, Linux, Macintosh dsb. Kegunaan dari sistem operasi yaitu untuk memantau semua pekerjaan computer, mengalokasikan CPU Time dan Memory pada program, serta memberikan Interface antara hardware dan user. Operating system memiliki beberapa pelayanan yaitu :

  • Multitasking / Multi Programing
    Dapat melakukan tasking secara bersamaan
  • Multi threading
    Dapat mengelola program secara bersamaan
  • Time Sharing
    User menggunakan software CPU secara berbagi dengan user – user lainnya
  • Multi processing
    Sebuah CPU yang lebih dari 1 inti, maksudnya sebuah procecor bisa mengerjakan berbagai pekerjaan secara bersama – sama.
  • Virtual Memory
    Sebuah memory yang berasal dari memory external untuk menambahkan memory utama
  • File management & Secury
    Sistem untuk mengelola file serta mengatur keamanan dari software
  • Fault Tolerance
    Aplikasi tetap untuk melakukan pekerjaan yang lain, walaupun sistem tersebut sedang ada masalah
  • User interface
    Melakukan sebuah program secara interface ( tatap muka ) kepada user

Software aplikasi adalah suatu sistem yang memiliki tujuan tertentu. Contohnya adalah sebuah software Photoshop untuk mengedit foto, Microsoft word untuk mengolah kata, dan sebagainya. Software Aplikasi memiliki 2 macam bentuk yaitu Proprietary yang di kembangkan secara spesifik di suatu perusahaan. Serta Off the shelf application software yaitu sebuah software yang dapat di gunakan secara umum. Software memiliki 2 type yaitu Open Source Type dan Open system. Type Open Source adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh siapapun, biasanya type Open Source dapat dijumpai dalam sistem operasi Ubuntu. Sedangkan type Open system yaitu sebuah sistem yang mengkonfigurasikan hardware, yang dikembangkan oleh perusahaan pembuanya, contohnya sistem operasi windows. Dalam pembuatan software aplikasi terdapat 2 macam perijinan yaitu Copyright dan Licences.Copyright adalah sebuah hak eklusif yang di berikan untuk pembuat software tersebut, sedangkan Licences adalah ijin untuk menggunakan copyright.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php