Alan Dharmasaputra Wijaya

Computer Hardware

Posted: September 20th 2012

Sebuah system informasi mempunyai perangkat keras ( hardware ) di dalamnya. Perangkat kerasnya meliputi CPU ( Central Processing Unit ), Memory ( Primary and secondary Memory ), Input device, dan OutputDevice. Keempat komponen ini saling mendukung untuk menjalankan suatu Sistem informasi di dalam computer. CPU biasa disebut processor. Peranan processor yaitu melaksanakan ( memproses ) instruksi yang di perintakan dari input device ke output device. Memory adalah sebuah piranti yang di gunakan untuk menyimpan data dan intruksi. Memory dibagi menjadi dua bagian, yaitu Primary Storage dan Secondary Storage. Peranan Memory yaitu menyimpan data yang akan di proses dalam komputer.

Di dalam CPU mempunyai beberapa komponen yang umum di dalamnya, yaitu processor, Memory, kartu adaptor, Ports, Drive bays, Power supply. Komponen – komponen tersebut disatukan dalam sebuah Mother Board. Motherboard yaitu tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC (Wikipedia.org). Sebuah Processor mempunyai komponen – komponen kecil seperti Control unit, arithmetic logic Unit, Registers, serta Primary storagre. Fungsi dari Control Unit yaitu menerjemahkan input / instruksi computer dan mengatur aliran data. Arithmatic Logic Unit tugasnya yaitu melakukan perhitungan data, dan melakukan perbandingan data. Sebuah input akan masuk melalui Control Unit dan inputan tersebut akan di terjemahkan oleh Arithmetic Logic Unit. Peranan dari Register yaitu menyimpan data. Data yang kita masukan ke dalam computer, akan di proses dan di simpan ke dalam register sebelum di tampilkan kepada output. Memory adalah suatu komponen elektronik yang ada di dalam komputer. Tugas dari memory ini yaitu menyimpan suatu perintah – perintah yang di jalankan. Memory di sini di bagi menjadi dua bagian yaitu Primary Storage dan Secondary storage. Primary Storage adalah tempat penyimpanan sementara yang memuat 3 hal, yaitu Informasi yang kita kerjakan, Software yang kita gunakan, serta system operasi yang kita jalankan untuk membuat suatu informasi. Primary Storage ini bersifat Volatile, artinya data akan hilang jika daya itu hilang. Secondary Storage adalah tempat penyimpanan data. Secondary Storage memiliki sifat Nonvolatile, artinya data yang disimpan tidak akan hilang, jika daya itu hilang. Bentuk dari Primary Storage yaitu Registers, RAM ( Random Access Memory ), Cache Memory, dan ROM ( Read Only Memory ). Secondary Storage memiliki kapasitas yang besar dibandingkan dengan Primary Storage. Harga dari Secondary Storage di pasaran jauh lebih murah di bandingkan dengan Primary Storage. Salah satu kelemahan dari Secondary Storage ini kecepatannya yang lebih lambat dari pada Primary Storage. Bentuk – bentuk dari Secondary adalah Harddisk, Flashdisk, CD dan DVD room, SD / micro SD card dan lain sebagainya.

Di dalam CPU terdapat input device dan output device. Input device yaitu suatu perangkat keras yang menginstruksikan data untuk masuk ke dalam memory computer. Bagian – bagian dari Input device adalah Keyboard, mouse, Microphone, scanner, Joystick. Output device yaitu suatu perangkat keras untuk menghasilkan suatu perintah yang kita inputkan. Contoh sederhananya adalah jika kita mengetik huruf  D pada keyboard, maka akan muncul huruf  D di layar. Bagian – bagian dari output device adalah Monitor, Printer, dan Speaker.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php