Alan Dharmasaputra Wijaya

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Posted: September 14th 2012

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Infrastruktur Informasi mempunyai beberapa bagian elemen yaitu perangkat keras komputer, tujuan umum perangkat lunak, jaringan dan fasilitas komunikasi, data base, serta Manajemen informasi personalia. Elemen – elemen ini saling mendukung dan bekerja sama, agar suatu informasi di sebuah organisasi dapat di sampaikan. Infrastuktur informasi di definisikan sebagai integrasi, operasi, dokumentasi, pengelolaan sumber informasi dan sebuah sumber daya komputasi yang di atur, di operasikan, dan di kelola. Informasi mempunyai arsitektur yaitu suatu rencana yang detail, dimana informasi direncanakan dan mempunyai persyaratan yang telah dipenuhi. Fungsi dari Arsitektur informasi yaitu menggabungkan kebutuhan informasi yang ada dan Membantu memastikan bahwa organisasi TI memenuhi kebutuhan strategis di organisasi bisnis.

Sistem Informasi ( IS ) ( Turban & Rainer, 2003 ) yaitu pengumpulan, pemprosesan, penyimpanan, analisa, dan penyebaran informasi untuk tujuan yang spesifik. Sistem Informasi mempunyai beberapa macam tipe, yaitu:

  • Transaction Processing System
    Suatu sistem yang melakukan bisnis. Contohnya yaitu sistem yang ada di kasir supermarket
  • Management Information System
    Suatu sistem untuk mengelola suatu data yang di transaksikan, bisa digunakan untuk melihat suatu trend dan untuk melihat suatu informasi dari data
  • Support Systems
    Suatu sistem yang berfungsi dari level managerial untuk membuat keputusan. Support system di bagi menjadi dua bagian, yaitu Executive Information untuk level manager dan Group Support System untuk orang – orang yang mengambil keputusan
  • Intelligent Support Systems
    Suatu sistem untuk membuat keputusan dengan belajar dari sebuah history
  • End – User Computing
    Pengguna suatu sistem
  • Knowledge Management System
    Hasil dari suatu pekerjaan secara kuantitatif
  • Data Warehouse
    Suatu gudang data
  • Mobile Computing
    Proses melakukan komputasi secara berpindah – pindah

Sistem informasi juga dapat mendukung 2 atau lebih kelompok organisasi untuk saling bekerja sama. Peranan dari sistem informasi tersebut yaitu untuk menghubungkan serta membagikan suatu informasi. Sistem Informasi di butuhkan untuk berbagai posisi dan peranan seseorang dalam suatu organisasi. Sumber daya informasi mencakup banyak hal, termasuk perangkat keras, perangkat lunak, data base, jaringan, prosedur, dan Physical buildings. Tanggung jawab dalam mengelola teknologi informasi itu, di tanggung oleh semua pihak organisasi, di karenakan setiap anggota memiliki peranan yang penting.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php