malolo2012

Wireless and Mobile

Posted: November 26th 2012

Yak, teman-teman, bertemu lagi dengan saya, dan saya harap kalian tidak bosan bertemu dengan saya (padahal saya bosan bertemu kalian terus, hahaha). Untuk pertemuan minggu ke 11 kali ini, kita akan membahas tentang Wireless and Mobile. Apa tuh? Mobil remote control yang gak pakek kabel? Itukan terjemahannya orang yang rumahnya di Gracia, untuk mengerti lebih lanjut, apa itu Wireless and Mobile, langsung saja kita mulai.

Seperti yang semua orang sudah tau, jaman sekarang, semua sudah maju, gak ada lagi yang namanya mau ngubungin orang aja, pakek ketemu langsung, udah gak jaman. Kondisi dunia yang semakin maju membuat kita tidak lagi merasa berjauhan antara satu tempat dengan tempat lain, dengan kemajuan itu banyak hal yang dapat di ilhami sebagai manfaat dalam kehidupan saat ini. Nha, Wireless, Mobile Computing, Mobile Commerce merupakan buah dari kemajuan jaman, yang berkat mereka, semua pekerjaan kita menjadi lebih mudah.

WIRELESS
Wireless sendiri dapat diartikan sebagai nirkabel atau tidak menggunakan perantara kabel dan lainnya. Wireless device merupakan perangkat yang memiliki kemampuan berkomunikasi secara nirkabel. Banyak sekali contoh-contoh device yang sekarang ini sudah tidak asing lagi, bahkan untuk balita, misalnya saja ; PDA, telepon seluler, smart phone, dan teman-temannya.

Didalam Wireless sendiri, ada beberapa hal penting yang perlu untuk kita ketahui, yaitu :

1. Wireless Application Protocol (WAP) adalah standarisasi terminal untuk dapat mengakses jaringan network yang menggunakan layar yang cukup kecil, dengan kuota kecepatan yang rendah pula, yang menyebabkan penggunaan mommory yang terjadi saat mengakses Web-based dapat dilakukan dan informasi yang ada serta layanannya tidak berkurang maupun menghilang.

2. Microbrowser adalah internet browser dengan ukuran kecil dapat bekerja dengan memori rendah, bandwidth kecil oleh jaringan wireless berbeda dengan internet browser pada umumnya di komputer. Biasanya link yang digunakan pada browser ini menggunakan tipe “http.m.”

3. Pager adalah sebuah alat yang digunakan hanya untuk mengirim dan menerima surat digital tetapi bentuknya tidak seperti e-mail. Kelemahannya pun alaramnya hanya berbentuk bunyi bep, serta hanya bisa untuk mengirim kesesama Pager saja.

Sistem Wireless sendiri memiliki beberapa sistem transmisi nirkabel, yang memiliki kapasitas, dan kegunaan tersendiri, sistem transmisi nirkabel yang dimaksud, adalah :

1. Microwave Transmission System :

Media transmisi secara point to point yang digunakan untuk jarak jauh dan volume yang besar.

2. Satellite Transmission:

Untuk transmisi yang menggunakan satelit.

Ada 3 tipe satelit :

– Geostationary (GEO) =22.300 mil dari permukaan bumi
– Medium Earth Orbit (MEO) = 6.000 mil dari permukaan bumi
– Low Earth Orbit (LEO) = 400-700 mil dari permukaan bumi

Nha, sekarang, Wireless device juga ada beberapa macam, kalau tadi kita sudah mengetahui beberapa contoh wireless device, sekarang kita akan mencari tahu, apa saja macam wireless device.

1. Global Positioning System (GPS)

Divece ini tentu saja sudah tidak asing untuk kita, kegunaan device ini adalah untuk mengetahui posisi kita di bumi, alat ini menggunakan satelit dalam sumbu x,y,z agar dapat mengetahui posisi kita.

2. Internet Over Satellite (IOS)

Akses Internet melalui GEO satellite. Lebih cepat ketimbang internet yang menggunakan perantara kabel telpon, tetapi biayanya juga lebih besar.

3. Radio

Ada tiga macam yaitu :
– Radio Transmission (mentrasmisikan dari transmitter ke reciever)
– Satellite Radio (sehingga suaranya mendekati CD Quality)
– Infrared berbentuk lampu merah)
– Bluetooth (untuk mentransfer file)
– WLAN ( agar kita bisa berkoneksi dengan internet).

MOBILE
Setelah mengupas tuntas tentang Wireless, kita akan melanjutkan kuliah kita ke Mobile. Mobile sendiri dibedakan menjadi Mobile Computing, dan Mobile Commerce.

1. Mobile Computing
Setelah mengupas tuntas tentang Wireless, kita akan melanjutkan kuliah kita ke Mobile. Mobile sendiri dibedakan menjadi Mobile Computing, dan Mobile Commerce. Sekarang kita masuk ke Mobile Computing terlebih dahulu. Mobile Computing adalah perangkat yang dapat melakukan komputasi sambil ‘bergerak’. Mobile Computing awalnya dari sempoa(abacus), lalu berkembang ke kalkulator, dan berbagai perangkat mobile jaman sekarang. Mobile Computing juga dapat mengakses WiFi.

2. Mobile Commerce (M-Commerce)
Seiring dengan perkembangan mobile computing, dampak yang sama mempengaruhi bisnis dengan E-Comerce. Lama-kelamaan, transaksi online dapat dilakukan dengan perangkat mobile.Beberapa aplikasi dari mobile commerce adalah: M-Banking, Micropayment, Mobile Wallets, dan wireless bill payment.

WIRELESS SECURITY
Untuk memproteksi diri kita, dari macam-macam akses orang-orang yang kurang bertanggung jawab, yang tidak kita inginkan, Wireless juga memiliki beberapa trik untuk memproteksi kita, yaitu dengan cara:

– Mengganti channel secara otomatis
– Menggunakan WPA
– Memblok SSID
– Beri password

Yak, akhirnya selesai juga pembahasan tentang pertemuan minggu ke 11 kita. Terima kasih pembaca setia saya, i lop u pull :3


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php