malolo2012

Internet, Intranet, dan Ekstranet

Posted: November 11th 2012

Pada tatap muka ke-8 kali ini, kita akan membahas tentang Internet, Intranet, dan Ekstranet. Karena hari sudah larut, langsung saja kita mulai.

Apa itu internet ?

Internet (Interconnection Networking) adalah jaringan komputer terbesar di dunia (a network of networks). Operasi dari internet adalah Aliran paket informasi antara komputer diatur oleh sebuah aturan umum (protocols). jenis aliran informasi adalah packet-switching network jadi pesan informasi didekomposisi menjadi beberapa paket kemudian di kirim dan akan disusun kembali menjadi pesan pada komputer penerima. Layanan yang dapat ditemukan di Internet antara lain Email, Web, File transfer, Chat, Message board dan Instant messaging.
Jika berhungan dengan internet, maka erat kaitannya dengan WWW (World Wide Web). World wide web adalah Aplikasi yangg menggunakan fungsi Internet transport sistem dengan standart universal untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi via client/server architecture menangani text, hypermedia, graphics, dan sound. 8 tipe dasar dari Web adalah portal, news, informational, business/marketing, educational, entertainment, advocacy, personal.

Apa itu Intranet?

Intranets merupakan sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Bisa juga dikatakan kalau intranet adalah internet pribadi yang dimiliki suatu perusahaan atau organisasi. Intranet menggunakan langkah-langkah keamanan, termasuk keamanan kunci publik, enkripsi, sertifikat digital, firewall.

Apa itu Ekstranet?

Extranets merupakan jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php