malolo2012

Jaringan dan Telekomunikasi

Posted: November 4th 2012

Hampir aja kelupaan kalok ada temen2 yang butuh share ilmu dariku, hahahaha. Tatap muka ke 7 kali ini membahas tentang Jaringan dan Telekomunikasi.

Sebelum mendalami apa sih yang akan kita bahas kali ini, sebaiknya kita berkenalan dulu dengan komunikasi. Komunikasi dalam hal Teknologi Informatika sendiri adalah proses yg melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis  yang saling mengirimkan data,perintah, dan informasi. Di dalam IT, dikenal juga Sistem Telekomunikasi, yaitu hardware dan software yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya, yang didalamnya memiliki beberapa komponen, contohnya :

  • Hardware
  • Media
  • Jaringan
  • Software
  • Data communication providers
  • Protocols
  • Applications

Kalau berhubungan dengan telekomunikasi, pasti kaitannya erat sekali dengan yang namanya, Sinyal. Sinyal sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Sinyal Analog, yaitu gelombang yang bersifat continue, yang mana informasi disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang (amplitude and frequency).
  2. Sinyal Digital, yaitu informasi yang disampaikan dalam bentuk biner (on or off pulses), yang mana mudah dipahami oleh komputer

Setelah mengerti tentang apa yang dimaksud dengan telekomunikasi, sekarang kita akan membahas hardware devices yang digunakan dalam transmisi dan penerimaan data, adalah :

  1. Modem : perangkat yg mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya); memungkinkan transmisi sinyal melalui sistem telpon.
  2. Multiplex : peralatan yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal , contoh: movie stream
  3. Front-end Processor : komputer khusus yang ditujukan untuk mengelola tugas komunikasi

Yang mana semua itu bersama2 membentuk Communication Processors, dengan struktur yang membentuk rantai.

Sekarang kita akan membahas lebih dalam lagi tentang, Komunikasi Berbasis Kabel, kira2 seperti itu kalok diterjemahkan ke Bahasa. Komunikasi Berbasis Kabel sendiri, dibedakan menjadi 6, yaitu :

  1. Twisted-pair wire (telephone wire), yang murah dan mudah digunakan, tetapi dengan kecepatan yang rendah.
  2. Coaxial cable, yang mana jauh lebih mahal dan lebih susah digunakan, tetapi memiliki kecepatan yang tinggi.
  3. Fiber-optic cable, yang mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang cahaya melalui glass fiber, dengan kecepatan yang tinggi, tetapi lebih mahal, dan sulit untuk digunakan.
  4. Microwave, yang ini harganya murah, dengan kapasitas yang besar, tetapi terkadang sering terganggu dengan keadaan disekitar.
  5. Satelit, yang ini menonjolkan lingkup area yang cukup luar, tetapi dengan harga yang amat sangat mahal, dan terjadi gap sa’at kita melakukan suatu pencarian di internet.
  6. Radio, yang ini merupakan solusi dari semua kesulitan kita untuk browsing. Sinyal radio, selain harganya murah, sinyal radio juga menawarkan kecepatan browsing yang amazing sekali.

Setelah mengupas tentang Telekomunikasi, sekarang kita masuk ke Dasar Jaringan (Network). Network sendiri adalah peralatan, media, dan perangkat lunak komunikasi yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Network sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Local Area Networks : menghubungkan komputer dan perangkat lain yang memungkinkan resource sharing. LAN sendiri memiliki beberapa topologi, yaitu Star Network, Bus Network, Ring Network, Hierarchial Network, dan yang terakhir, Hybrid Network. Semua topologi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Pemilihan topologi ditentukan berdasarkan pemilihan software, interface cards, dan wiring strategy.
  2. Wide Area Network : jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas. Contohnya, internet.

Sekarang, tentu saja, kalau tidak ada software pendukung, hardware akan menjadi tidak berguna, oleh karena itu, kita memerlukan Network Communication Software, yang diperlukan untuk menyediakan beberapa fungsi jaringan :

  • Memeriksa kesalahan
  • Format messages
  • Mengelola  communication logs
  • Memastikan keamanan dan privasi data
  • Menyediakan message translation
Network Communication Software sendiri memiliki beberapa komponen, seperti :
  1. Network Operating System : yang memungkinkan semua perangkat pada jaringan berkomunikasi
  2. Network Management Software : yang mempermudah tugas user dalam memanajemen jaringan
  3. Protocols – yang menentukan aturan  yang mengatur komunikasi perangkat pada jaringan

Untuk kali ini, saya cukupkan sampai disini, jangan bosen baca blogku yak :3


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php