Tumbuhan Damar Mata Kucing Endemik Sumatera yang Terancam Punah

Taksonomi

Kerajaan          : Plantae

Divisi               : Tracheophyta

Kelas               : Magnoliopsida

Bangsa            : Malvales

Suku                : Dipterocarpaceae

Marga              : Shorea

Jenis                : Shorea javanica

Tumbuhan Damar Mata Kucing atau white meranti merupakan tumbuhan berkayu yang umumnya ditemukan di Indonesia. Spesies ini endemik di daerah Sumatera, dengan distribusi penyebarannya terdapat di Sumatera Selatan. Kisaran spesies saat ini dibatasi untuk Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan ditemukan di Kebun Repong Danmar di Krui. Spesies ini ditemukan pada ketinggian 300-500 mdpl dengan jangkauan geografis 1.600 km2.

Shorea javanica adalah spesies tumbuhan yang tergolong pohon besar, karena bisa tumbuh hingga lebih dari 15 meter dan tingginya mencapai 40-50 meter. Habitat spesies ini di dataran rendah yang memiliki tanah vulkanik serta tumbuh di hutan primer dan sekunder dengan tanah tergenang. Bibit toleran terhadap naungan, namun pertumbuhan terbaik terjadi dalam celah di kanopi.

Menurut IUCN, spesies ini memiliki status endangered (EN) atau terancam punah. Spesies ini terancam oleh hilangnya habitat dan fragmentasi, seperti keberadaannya di area yang menjadi tempat utama pengembangan perkebunan kelapa sawit, salah satunya situs kebun danmar di Krui. Konservasi ex-situ diperlukan untuk menyelamatkan spesies ini.

Action plan merupakan salah satu bentuk aksi yang dapat dilakukan secara pribadi ataupun bersama untuk mempertahankan dan menyelamatkan spesies yang terancam punah, salah satunya spesies Shorea javanica. Action plan yang ingin saya lakukan untuk kedepannya ialah melakukan riset, observasi lapangan, melakukan kegiatan volunteer, serta melakukan edukasi kepada masyarakat terhadap pentingnya pelestarian tumbuhan damar mata kucing. Riset dilakukan untuk memperkaya informasi mengenai kondisi spesies di daerah endemik terkait letak, tanah, iklim, sosial ekonomi masyarakat sekitar dan sebagainya. Observasi lapangan dengan wawancara secara langsung terhadap bentuk pemanfaatan tumbuhan ini. Aksi sosial yang ingin saya lakukan adalah melakukan kegiatan volunteer dan bekerja sama dengan badan konservasi yang ada untuk melestarikan spesies ini dengan kegiatan penanaman. Harapan saya dengan adanya aksi ini adalah masyarakat luas (tidak hanya masyarakat sekitar tempat spesies endemik ini ditemukan) mampu memahami pentingnya pelestarian tumbuhan damar mata kucing yang keberadaannya sudah terancam punah serta masyarakat khususnya generasi muda bisa ikut berpartisipasi secara langsung terhadap aksi sosial yang ada, sehingga populasi tumbuhan ini dapat terus dipertahankan.

css.php