Ahazia Tanta Sembiring

Wireless and Mobile

Posted: November 28th 2012

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tetang wireless dan mobile. wireles menggunakan media transmisi berupa frekuensi radio, inframerah ataupun sinar laser untuk berkomunikasi di antara work station dan file server . Tiap-tiap segmen mempujnyai sebuah transceiver / antenna unjtuk mengirim atau menerima data. Jaringan model wireless ini sangat baik untuk komputer laptop atau komputer remote untuk berkoneksi dengan LAN. Wireless juga menguntungkan apabila di sebuah gedung sangat sulit menginstalasi kabel. Wireless mempunyai kerugian antara lain relative lebih mahal, tidak aman, dan rentan terhadap interferensi cahaya ,listrik, dan sangat lambat dibandingkan dengan penggunaan kabel. Kelebihannya adalah lebih fleksibel dan jika menggunakan frekuensi radio sehingga dapat menembus penghalang dan menjangkau lebih luas dibandingkan dengan kabel.

Terdapat berbagai macam Sistem Transmisi Nirkabel diantaranya microwave transmission systems , satellite transmission systems, Footprint, Broadcast transmission, propagation delay.

Microwave transmission systems  merupakan sebuah jaringan yang sangat luas hingga dapat  mencakup seluruh dunia dan digunakan untuk  pengiriman dan penerimaan data dengan muatan volume tinggi dengan jarak yang jauh menjadi tidak berdampak apapun.Satellite transmission systems adalah sebuah sistem dimana komunikasi dapat berlangsung menggunakan sebuah satelit dengan berbagai tipe satelit GEO, MEO ,LEO.Footprint adalah luas daerah penyebaran sinyal di permukaan bumi yang dapat dipenuhi oleh transmiter  dalam mengatasi keterbatasan  jarak.  Broadcast transmission memperbolehkan satelit untuk mengirim sinyal kepada banyak receivers pada saat bersamaan.Propagation delay adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO .


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php