Ahazia Tanta Sembiring

Jaringan dan Telekomunikasi

Posted: November 4th 2012

Komunikasi adalah Proses yg melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis  yang saling mengirimkan data,perintah, dan informasi.  Komponen yang mendasarinya adalah hardware, software, sarana, jaringan, protocol, aplikasi, dan penyedia data komunikasi.  Sebuah sistem komunikasi takkan dapat berfungi tanpa konponen-komponen tersebut melengkapinya.

Network adalah perangkat lunak (software), media, dan alat komunikasi yang dibutuhkan untuk menghubungkan 2 atau lebih system computer.  Lingkungan network meliputi LAN (Lokal Area Network)dan WAN(Wide Area Networks ).

  • LAN (Lokal Area Network)mencakup daerah geografis yang relative sempit, untuk menghubungkannya dan dapat digunakan berbagai topologi.
  • Sementara WLAN (Wide Area Networks )adalah jaringan yang menyebar di jarak geografis yang relative luas, internet adalah WAN terbesar di dunia.

Sistem Telekomunikasi sudah digunakan dalam dunia bisnis untuk menyediakan jaringan, dengan cara pemrosesan terdistribusi yang memungkinkan komputer di berbagai lokasi untuk berkomunikasi melalui link Telekomunikasi. Pengolahan jaringan dilakukan melalui client server processing dan Peer-to-peer processing.  Didalam telekominikasi juga terdapat berbagai aplikasi yaitu Electronic mail, Video conferencing, Electronic Data Interchange, Transfer Dana Elektronik, Faksimil, Telecommuting, dan Distenc Learning. Sehingga dengan tidak adanya jaringan komunikasi yang baik pada perusahaan, maka kemungkinan perusahaan tersebut tidak mungkin bisa bertahan dalam dunia persaingan bisnis saat ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php