Ahazia Tanta Sembiring

Pengenalan Teknologi Informatika (pertemuan ke-2)

Posted: September 9th 2012

>>Asal Gambar

IT di Bisnis

Setiap tahun hari bulan dan jam pasti IT  selalu terus berkembang . Di mana IT di perusahaan wajib selalu di mengikuti perkembangan marketing . Karena sebuah perusaahan yang tidak mengikuti moderenisasi atau tidak menggunakan IT di perusaahan mereka ,maka mereka akan jauh ketinggalan dan kalah bersaing di era global ini.

Keunggulan IT di bidang bisnis adalah memecahkan  suatu masalah dengan sumber daya minimum tetapi dapat menhasilkan pendapatan maxium untuk perusahaan. Di mana perusahaan bisnis harus murah,mempermudah dan membuat nyaman para  konsumennya agar dapat di menarik minat konsumennya. IT sangat berpengaruh di bidang bisnis di era global saat ini.

Pengertian IT  yaitu di mana sebuah komponen tertentu dari sistem informasi berbasis komputer. Sedangkan komputer adalah alat elektronik dibawah kendali/instruksi yang tersimpan/terprogram dalam memori . Bisnis dapat berjalan atau  lebih unggul dengan cara perusahan itu mempergunakan IT dengan tepat dan maxsimal  .  Contoh kongkret IT sangat di butuhkan dan mempermudah sumber dayanya jika dalam suatu cabang perusahann itu telah di pasang “sistem” order barang dmn jika barang tersebut akan habis atau di bawah standart ketersediaan barang itu maka perusahaan inti akan langsung mengirim barang tersebut dimana sumber daya di toko itu tanpa harus meng ordern/menelpon perusahan inti lebih dahulu.

IS (Sistem Informasi) adalah sebuah sistem  untuk mengumpulkan, memproses ,menyimpan dan mengalisi suatu data. Data adalah sebuah fakta-fakta mentah yang tidak terorganisir.Sedangkan data yang terorganisir di sebut informasi dan informasi yang terorganisir untuk menyampaikan pemahaman , pengalaman ,pembelajaran akumulasi atau keahlian disebut knowledge.Sedangkan di atas dari data,informasi dan knowledge adalah computer literacy dimana knowledge dan infomasi tentang computer dapat di gunakan .

Missal : terdapat perusahan A dan B dimana perusahaan ini saling bersaing . Ternyata perusahan B lebih banyak mendapatkan konsumen sehingga perusahaan A mengumpulkan data informasi dari produk perusahaan B dan membuat produk yang lebih baik dan lebih murah agar di minati oleh konsumen .

Semua computer semua berbasi SI di mana penggunaan hardware,software,data dan prosedur bekerjasama untuk menghasilkan infomasi yang dapat berguna / berkualitas .Hardware adalah alat yang dapat memasukan data atau intstruksi contoh : scanner,mouse,keyboard . Sedangkan sofware adalah piranti terdapat di dalam komputer .

Finaly :

  • IT di bidang bisnis sangat di butuhkan
  • Perusahaan ingin terus eksis dan maju harus menggunakan IT
  • Dengan IT perusahan/pebisnis dapat menekan biaya dan mendapatkan hasil yang besar dengan tepat mengunakan IT
  • IT membantu mengembangkan strategi bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php