Blog Agus

Tips Jitu Mencari Expired Domain Berkualitas

Posted: March 15th 2021

Penggunaan expired domain kini semakin marak. Banyak blogger dan publisher menggunakan domain lama seperti ini yang sebenarnya sudah kadaluwarsa. Hal tersebut memang wajar, apalagi jika Anda melakukan transaksi jual beli expired domain dengan tujuan branding.

Mengenal Expired Domain

Secara harfiah, expired domain merupakan domain yang sudah kadaluwarsa karena tidak lagi diperbarui oleh pembuatnya. Domain yang expired ini bisa disebabkan oleh kesengajaan maupun ketidaksengajaan. Semisal, kebanyakan pembuat domain yang lupa memperbarui domain selama lebih dari 30 hari perpanjangan.

Domain ini kemudian bisa masuk ke bursa lelang selama 7 hari. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kualitas domain yang baik dengan harga yang bisa disesuaikan kantong. Bahkan, Anda juga bisa mengambil beberapa domain kadaluwarsa terbaik sehingga ke depannya akan memberi banyak keuntungan.

Pertimbangan Membeli Expired Domain

Domain yang sudah kadaluwarsa alias expired domain sejatinya memiliki fungsi yang mumpuni untuk pengembangan suatu website, apalagi dengan mengoptimalkan peran SEO. Untuk alasan itulah banyak publisher juga mengincar expired domain tersebut.

Hanya saja, jika Anda masih cukup baru di dunia jual beli domain seperti ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk beli expired domain. Adapun hal-hal yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Cek keberadaan spam

Sebelum menentukan domain yang akan digunakan, ada baiknya Anda mengetahui latar belakang penggunaan domain tersebut apakah pernah dilakukan untuk melakukan aktivitas spam atau tidak. Spam ini tidak hanya ada dalam domain saja, namun juga pada link yang ada di dalamnya. Hal ini tentu saja akan berpengaruh buruk terhadap website Anda.

Untuk mendeteksi penggunaan spam ini, Anda dapat menggunakan tools seperti Wayback atau Ahrefs. Wayback digunakan untuk mencatat history konten dan page yang digunakan domain sebelumnya, sementara Ahrefs merupakan database backlink di seluruh jaringan internet. Dengan tools inilah Anda dapat mengetahui kredibilitas domain tersebut.

  • Memeriksa otoritas domain expired

Otoritas sebuah domain sangatlah penting. Sebab otoritas ini menjadi salah satu metrik yang dapat digunakan untuk mengukur kekuatan peringkat sebuah website. Otoritas inilah yang akan menentukan kualitas sebuah domain.

Salah satu kriteria otoritas domain adalah nilai minimal 20. Apabila kurang dari itu, maka nantinya Anda akan mengalami risiko yang lebih besar meskipun dengan harga yang cenderung lebih murah.

Oleh karenanya, penggunaan tools untuk mengecek otoritas domain sangatlah penting. Anda dapat menggunakan tools seperti Moonsy, Open Site Explorer, hingga Small SEO Tools untuk mengecek dan mengembalikan otoritas domain sebuah website atau page.

  • Periksa kembali larangan mesin pencari

Konten website yang mengandung spam biasanya akan di-banned atau dilarang oleh berbagai situs mesin pencari maupun situs-situs adsense. Sebagai contoh, jika URL iklan yang Anda masukkan tidak muncul pada saat menggunakan alamat expired domain, maka kemungkinan URL tersebut sudah dilarang oleh adsense.

Nama domain yang tidak terindeks di Google juga musti diwaspadai, apalagi jika Anda membeli domain yang sudah expired sangat lama. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka sebaiknya Anda memilih domain yang lebih baru dibandingkan dengan beli expired domain yang masa kadaluwarsanya sudah terlalu lama.

Di Indonesia kini ada yang jual expired domain dengan berbagai macam extensi domain. Jadi anda dapat dengan mudah mengetahui berbagai macam domain dengan backlink yang sudah difilter. Untuk lebih jelas Anda dapat mencoba mengunjungi websitenya di www.dobebe.co.id

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memilih dan menentukan penggunaan expired domain. Pastikan semua hal sudah optimal sehingga tidak merugikan Anda ke depannya. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat!


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

FAQ Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel

Go to post

Paket Internet Telkomsel Grab

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php