Blog Agus

Cara Menangani Kucing Susah Bab

Posted: March 8th 2021

Tidak hanya pada manusia, kucing juga bisa mengalami masalah pada saat buang air besar. Parahnya, kucing yang memiliki masalah tersebut akan mengalami muntah dan kehilangan nafsu makan. Kucing susah bab atau sembelit juga akan tampak gelisah karena ia merasakan sakit di bagian perut. Oleh karena itu, mari kita bahas mengenai beberapa cara untuk menangani kucing yang kesulitan buang air besar.

Adapun Beberapa Cara Menangani Kucing Susah Bab

  1. Memberikan banyak air minum

Kucing yang jarang minum biasanya dapat menyebabkan feses menjadi keras. Sehingga mengakibatkan kesulitan saat mengeluarkan kotoran. Tambahkan air pada makanan kucing yang terlihat jarang minum. Hal tersebut mampu merangsang nafsu minum pada kucing yang susah bab.

  • Melakukan transisi menu makanan

Kucing yang susah buang air besar biasanya juga disebabkan oleh faktor makanan yang kurang sesuai. Jika menu makanan yang Anda berikan kepada kucing sering berupa snack atau biskuit, maka cobalah melakukan transisi atau mengubah menu makanan kucing berupa makanan yang memiliki tekstur lembut seperti daging kaleng. Kandungan air yang banyak pada makanan kaleng dapat mengatasi kucing susah bab.

  • Menambahkan olive oil pada makanan

Selanjutnya, menambahkan olive oil pada makanan kucing yang susah buang air besar. Anda dapat menambahkan olive oil sekitar seperempat atau setengah sendok pada makanan kucing. Olive oil memiliki manfaat sebagai pelumas dan dapat memindahkan makanan dalam proses pencernaan kucing.

  • Memberikan laksatif natural

Beberapa kucing yang mengalami masalah pada buang air besar, memberikan laksatif natural bisa menjadi salah satu cara untuk menangani hal tersebut. Laksatif natural bisa merangsang pergerakan saluran pada sistem pencernaan. Sehingga akan memicu suatu dorongan untuk buang air besar.

Jus lidah buaya juga tergolong dalam laksatif natural. Untuk membantu proses pencernaan kucing, Anda bisa memberikan jus tersebut. Selain itu, kandungan lidah buaya sendiri juga mampu melancarkan pencernaan. Selain berupa jus, lidah buaya  juga bisa ditambahkan sedikit ke makanan pada kucing susah bab.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Ketahui Kapan Pengumuman Prakerja Gelombang 12 agar Tidak Ketinggalan

Go to post

Kenapa Bot Telegram tidak Merespons/ Berikut Cara Mengatasinya

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php