Blog Agus

Memahami Media Sosial dan Cara Menentukan untuk Bisnis Anda

Posted: February 24th 2021

Media Sosial merupakan sebuah platform yang memiliki berbagai jenisnya dan sering digunakan oleh masyarakat. Media sosial ini menyajikan berbagai kegunaan bagi penggunanya, salahsatunya dari segi bisnis media sosial berguna sebagai pendukung kegiatan pemasaran. Namun, pada dasarnya media sosial merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengkonsumsinya serta ikut berpartisipasi dalam membuat, mengomentari, dan membagikan berbagai konten kedalam berbagai jenisnya seperti teks, gambar, audio atau video.

Melalui media sosial pengguna dapat membangun interaksi antar sesama, bahkan sampai dengan komunitas. Dengan hadirnya media sosial juga mempermudahkan pengguna untuk melakukan sebuah pertemuan kepada banyak orang yang memiliki minat yang sama. Media tersebut membuat pengguna langsung dapat terhubung secara langsung dengan orang.

Media sosial memiliki berbagai jenis platform seperti Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebangainya. Bagi anda, seorang pebisnis anda harus dapat mempertimbangkan platform manakah yang tepat untuk menjalankan bisnis anda. Agar anda tidak salah dalam menentukan jenis platform media sosial yang anda pilih, sebaiknya simak penjelasan berikut ini !

  1. Perbandingan Jenis Media Sosial Berdasarkan Jumlah Pengguna Aktif

Taukah anda, bahwamasyarakat di Indonesia telah aktif dalam menggunakan media sosial. Dibuktikan dari 150 juta jiwa manusia atau 56% dari total populasi di Indonesia menggunakan secara aktif media sosial. Berikut perbandingan jenis media sosial  berdasarkan jumlah pengguna aktif.

  • Youtube

Youtube merupakan salahsatu media sosial yang sering digunakan oleh banyak orang. Berdasarkan presentase, masyarakat Indonesia 88% dari total populasi di Indonesia aktif dalam menggunakan youtube. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan, youtube memiliki berbagai kelebihan yaitu  konten yang disajikan di youtube tidak memiliki batasan, konten yang dibuatnya bervariasi, konten dapat dilihat oleh siapa saja sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh banyak orang. Serta,anda dapat menghasilkan uang dari youtube manakala anda sebagai youtuber. Hal itu juga dapat menjadi daya tarik banyak orang untuk aktif dalam menggunakan youtube.

  • WatshApp

WatsApp merupakan salahsatu media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan presentase sebesar 83% dari total populasi di Indonesia aktif dalam menggunakan WatsApp. WatsApp merupakan aplikasi chatting yang memudahkan penggunanya untuk mengirimkan pesan, menelfon, melakukan video call, mengirimkan audio, gambar dan hal – hal lainnya. Selain itu, WatsApp juga dipercayai oleh masyarakat Indonesia sebagai tempat untuk berkomunikasi dalam jarak jauh.

  • Facebook

Facebook merupakan salahsatu media sosial yang juga sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan presentasenya, facebook memiliki presentase sebesar 81% dari total populasi di Indonesia. Facebook sering digunakan oleh banyak orang mulai dari anak kecil sampai orang tua suka dan aktif dalam menggunakan facebook. Melalui facebook pengguna media sosial ini juga dapat bertemu dengan berbagai komunitas yang mempunyai minat yang sama.

  • Instagram

Instagram merupakan salahsatu media sosial yang sering digunakan oleh banyak orang. Instagram menempati posisi keempat setelah facebook dengan presentase sebesar 80% dari total populasi di Indonesia. Pengguna instagram kebanyakan yaitu remaja. Selain remaja, pebisnis juga menggunakan instagram untuk mempromosikan produk atau layanan yang dijualnya.  Pebisnis menggunakan instagram sebagai tempat untuk memasarkan produk atau layanannya dikarenakan instagram tidak mengenakan biaya.

  • Cara Menentukan Jenis Media Sosial yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Pada zaman sekarang ini bisnis online jumlahnya terus mengalami peningkatan. Banyak orang lebih menyukai untuk berbelanja dirumah saja tanpa takut kehujanan, kepanasan, dan capek. Dengan banyaknya bisnis online, maka tidak heran banyak pebisnis menggunakan media sosial untuk berbisnis.

Media sosial merupakan tempat untuk memasarkan produk atau layanan bisnis anda. Sehingga tidak dipungkiri bahwa keberadaan media sosial dapat dikenal oleh banyak orang. Melalui media sosial ini lah pebisnis mulai memasarkan produk atau layanan bisnis anda dan calon pelanggan mulai mengenal binis anda. Melalui media sosial juga calon pelanggan dapat menyampaikan saran dan kritik mengenai bisnis yang sedang anda jalani.

Dengan adanya media sosial yang dapat mendukung kegiatan pemasaran anda. Tentunya, anda merasa bingung dalam menentukan media sosial manakah yang sesuai dengan bisnis anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menentukan manakah media sosial yang sesuai dengan bisnis anda.

  • Tentukan Target Audience

Taukah anda bahwa setiap media sosial memiliki demografi yang berbeda loh. Untuk itu, anda sebagai pebisnis mulailah pilih media sosial yang sesuai dengan demografi dalam produk atau layanan anda. Hal ini bertujuan agar bisnis anda sesuai dengan target yang anda inginkan.

  • Pilih Jenis Platform Berdasarkan Bisnis Anda

Setelah anda menentukan target, anda juga harus memilih manakah media sosial yang sesuai dengan produk atau layanan yang anda tawarkan kepada calon pelanggan. Cobalah anda fokus untuk dapat memilih satu atau dua jenis media sosial yang sesuai dengan produk atau layanan yang anda tawarkan kepada calon pelanggan. Jika anda menginginkan lebih dari dua media sosial boleh saja, namun tetaplah konsisten untuk menjalankannya.

  • Buatlah Strategi Khusus Pada Konten

Jika anda masih kebingungan dalam menentukan jenis media sosial yang tepat untuk bisnis anda. Anda perlu membuat strategi khusus dalam konten media sosial bisnis anda. Anda perlu mengetahui dua tujuan utama dalam strategi bisnis anda, antaralain yaitu :

  • Menciptakan Kesadaran Brand  akan Bisnis anda

Agar anda dapat menciptakan kesadaran brand dalam bisnis anda, maka anda perlu memberikan informasi kepada target calon pelanggan anda dengan menjelaskan  siapa anda, dan memberikan ulasan mengenai produk atau layanan  yang anda tawarkan.

  • Mengajak Calon Pelanggan untuk Membeli

Agar target calon pelanggan anda membeli produk atau layanan yang anda tawarkan anda perlu membagikan konten yang berkaitan dengan kelebihan dari produk atau layanan yang ditawarkan, promo atau diskon dan beberapa hal lainnya yang dapat mengajak calon pelanggan untuk dapat membeli produk atau layanan yang anda tawarkan.

  • Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Setiap Jenis Media Sosial

Bagi anda yang telah berhasil untuk menentukan jenis media sosial yang tepat untuk bisnis anda, sekarang saatnya anda membuat konten menarik bagi media sosial bisnis anda. Sebelum anda membuat konten menarik, alangkah baiknya anda perlu mengetahui bahwa kesuksesan dari media sosial ditentukan oleh : kualitas konten, pemilihan waktu yang sesuai untuk memposting, dan frekuensi anda memposting konten. Nah, setelah anda mengetahui apa saja hal yang perlu diketahui untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah konten. Berikut adalah tips membuat konten yang menarik untuk setiap jenis media sosial.

  • List post

Pada tahap ini dapat memberikan daftar – daftar apa asaja yang menjadi point dalam pemasarannya seperti gambar, tulisan atau link.

  • How to artictle

Pada tahap ini anda dapat memberikan penjelasan mengenai cara untuk melakukan sesuatu dari awal sampai akhir secara detail.

  • What post

Pada tahap ini anda dapat menjabaran topik yang ingin anda pasarkan

  • Why post

Pada tahap ini anda dapat menjabarkan mengenai hal – hal dalam brand mu menjadi penting.

  • Apakah Bisnis anda Membutuhkan Lebih dari Satu akun Media Sosial ?

Bagi perusahaan besar dalam  memasarkan produk atau layanan yang dijual tentunya membutuhkan lebih dari satu media sosial. Dikarenakan focus yang beraneka macam membuat membutuhkan lebih dari satu media sosial. Hal itu juga dapat bertujuan untuk memisahkan antara akun utama dengan akun yang menjual produk atau memberikan layanannya. Bagi anda para pebisnis yang masih bimbang berikut adalah kekurangan dan kelebihan dari akun lebih dari satu.

Kekurangannya yaitu

  • Anda membutuhkan bayak tenaga untuk mengurus akun baru. Bagi pemilik bisnis dengan banyaknya waktu yang terkuras dapat menghambat pebisnis dalam menjalankannya.
  • Dengan adanya akun yang banyak juga dapat membuat caln pelanggan menjadi bingung.

Kelebihan yaitu

  • Anda dapat mencapai target yang berbeda dengan akun utama sesuai yang anda inginkan
  • Anda juga tidak perlu memaksa akun utama untuk melihat suatu hal yang tidak dibutuhkan pada akun utama.
  • Kesimpulan

Jadi kesimpulannya yaitu anda sebagai pebisnis sebaiknya dapat melakukan perbandingan media sosial yang aktif, menentukan jenis media sosial yang sesuai dengan bisnis anda, membuat konten yang menarik, serta membutuhkan lebih dari satu media sosial. Dalam melakukan kegiatan pemasaran bisnis anda. Hal itu semua dapat dilakukan yang bertujuan untuk menunjang bisnis anda agar dapat menjadi lebih baik lagi. Namun jika masih kurang jelas kamu bisa menggunakan Jasa Social Media Management


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Kiat Membeli Bibit Ikan Bawal Murah dan Unggul

Go to post

Jasa Landing Page Murah Berkualitas

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php