Blog Agus

Kiat Membeli Bibit Ikan Bawal Murah dan Unggul

Posted: February 21st 2021

Memilih bibit ikan sebenarnya mudah-mudah gampang kalau tahu caranya. Bukan berdasarkan keberuntungan tapi murni ada kriteria yang menjadikannya unggul dan cocok sebagai benih budidaya.

Dan salah satu jenis benih ikan tersebut adalah ikan bawal. Dibandingkan jenis ikan tawar lainnya, ikan bawal menjadi salah satu primadona yang banyak dicari. Permintaan pasar terhadap ikan bawal tidak bisa disepelekan, mulai dari jenis ikan dewasa hingga masih berupa benih, ikan bawal banyak dicari loh.

Kriteria Bibit Ikan Bawal Yang Baik

Tapi untuk anda yang lagi mencari atau membeli dari pusat bibit ikan bawal, sebelumnya ada hal yang perlu diketahui mengenai pemilihan bibit ikan tersebut. Dan untuk mengetahui apa saja hal tersebut, yuk langsung saja kita cari tahu kriteria bibit ikan bawal berkualitas.

Usahakan Benih Hasil dari Induk Unggulan

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya merupakan salah satu peribahasa yang mengatakan kalau kualitas orang tua akan menurun ke anaknya. Dan jika peribahasa ini digunakan, maka bibit yang dihasilkan dari induk unggul akan menghasilkan anak unggul pula.

Dan ini memang benar, sebab kualitas dari sang induk menjadi salah satu faktor yang memengaruhi bibit-bibit bawal berkualitas. Dan untuk mencari induk berkualitas, ada ciri-ciri khusus yang bisa diperhatikan untuk menentukan kualitas indukannya.

Diantara ciri-ciri tersebut adalah mempunyai tubuh besar dan tidak cacat, sisiknya teratur, kepalanya kecil, lincah, nafsu makan tinggi, serta sehat. Dengan ciri-ciri tersebut, kita bisa menentukan mana ikan bawal dewasa yang bagus sebagai indukan benih-benih ikan bawal.

Perhatikan Ukuran si Ikan

Induk unggulan menghasilkan bibit unggulan adalah hal pasti. Tapi ini dikarenakan benih yang dihasilkan dari satu bawal induk itu banyak, jadi tidak semua benih tersebut mempunyai kualitas yang sama. Anda juga bisa bertanya pada petani yang jual benih dan bibit ikan.   

Dan untuk itu, supaya bisa menentukan mana benih yang mempunyai kualitas, kita lakukan pemisahan. Pemisahan ini dilakukan untuk membedakan mana benih bawal berkualitas dan biasa saja dengan memperhatikan cirinya.

Dan tidak jauh dari ciri induk, benih bawal berkualitas juga mempunyai ciri tubuh besar, bersisik rapi, dan berkepala kecil. Dengan ciri-ciri tersebut, kita bisa menjadikan bibit tersebut sebagai ikan unggul dan cocok untuk budidaya.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Dimana mencari jasa forwarder 1688

Go to post

Memahami Media Sosial dan Cara Menentukan untuk Bisnis Anda

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php