Blog Agus

Faktor yang Menyebabkan AC Setelah Dicuci Malah Terjadi Kebocoran

Posted: May 12th 2018

Melakukan perawatan ac seperti AC inverter memang penting dilakukan. Supaya tidak cepat rusak dan pastinya awet dan tahan lama. Namun di kala melakukan perawatan seperti misalnya dilakukan pencucian, dalam kondisi tertentu ac sering mengalami kebocoran. Hal itu biasa disebabkan oleh beberapa faktor seperti misalnya ac yang terlalu kotor. Atau bisa juga selang pembuangannya lepas. Hal inilah mengapa pencucian ac harus dilakukan dengan hati-hati hingga benar-benar bersih. Bila tidak maka yang terjadi setelah dicuci, ac malah bocor.

Lalu, berikutnya mengapa sebelumnya ac yang tidak pernah bocor, tetap saat usai dicuci malah bocor. Hal itu bukan berarti ac berharga murah kurang bagus, tetapi dimungkinkan bisa saja terjadi penyumbatan di pembuangan ac. Biasanya itu merupakan kotoran atau lendir yang menghambat saluran drain ac. Jadi saat dicuci, kotoran akan terbawa air, namun tidak sepenuhnya keluar melewati saluran pembuangan. Kotoran-kotoran ini justru makin menumpuk di selang pembuangan ac. Hal itu mengapa ketika mencuci ac saluran pembuangan juga ikut disemprot. Hal ini tujuannya supaya kotoran atau lendir di dalam selang bisa ikut terdorong keluar tanpa sisa.

AC yang bocor apakah membahayakan ketika digunakan? Jika selama kebocoran hanya berupa tetesan yang volumenya tidak banyak maka pasti tidak akan membahayakan. Namun anda tetap harus meletakkan ember atau baskom di bawahnya. Namun jika di bawah ac ada barang-barang elektronik seperti tv atau komputer yang sudah pasti akan basah karena kebocoran itu, maka sudah pasti akan membahayakan dan merusak barang-barang tersebut.

Dan untuk ac sendiri tidak terlalu berbahaya. Karena tetesan air itu akan langsung jatuh tanpa mengenai komponen yang ada di dalam ac. Meskipun ada juga kemungkinan seperti itu. Maka langkah yang paling baik adalah jangan menghidupkan ac ketika ac bocor. Namun bila terpaksa maka silahkan dinyalakan asal anda menampung tetesan air yang keluar dari ac dengan ember.

Permasalahan seperti ac inverter terbaik bocor ketika habis dicuci ini merupakan hal yang sering terjadi. Apalagi jika ac tersebut sangat kotor. Bila kebocoran ac tidak bisa diatasi dengan pencucian, maka yang harus dilakukan ketika ac masih terpasang sebaiknya dilakukan pencucian bawah. Caranya dengan lepas ac dan lakukan pencucian ketika ac tidak terpasang. Hal ini akan lebih efektif dalam membersihkan ac secara menyeluruh.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php