Blog Agus

3 Cara Merawat Parket yang Salah

Posted: April 27th 2018

Parket yang menjadi bahan untuk menutup lantai kini populer diaplikasikan di berbagai hunian modern. Ada banyak pilihan warna, tekstur, pola, dan model parket yang bahan dasarnya dari kayu solid. Kayu solid terkenal lebih awet terutama jika digunakan di luar ruangan. Parket sesungguhnya merupakan lembaran kayu yang bentuknya persegi yang bisa juga disebut dengan ubin kayu. Parket yang berbentuk lempengan-lempengan papan kecil atau layer kayu kemudian disatukan dengan metode penyambungan yang akurat dan perekatan kuat. Kemudian dipasang menjadi ubin lantai yang direkatkan kembali dengan perekat khusus yang finishingnya menggunakan laminasi supaya mendapatkan hasil akhir yang makin mengkilap.

Baca: Cara Pasang Parket Yang Benar

Menggunakan parket pada lantai di rumah anda perlu perawatan khusus pastinya. Sama halnya anda saat merawat furnitur-furnitur yang berbahan dasar kayu lainnya. Namun, meski demikian ternyata masih banyak saja ada yang masih saja salah dalam melakukan perawatan terhadap parket lantai. Cara-cara yang salah dalam perawatan parket lantai tentu akan berakibat parket lantai yang cepat rusak dan kusam. Sehingga akan mengurangi nilai estetis pada bangunan di rumah anda, terutama di bagian interiornya. Berikut ini ada 3 cara yang salah saat anda merawat parket lantai. Dengan mengetahui cara-cara salah ini pastinya anda akan lebih berhati-hati lagi dalam merawat parket lantai di rumah anda.

  1. Tidak membiasakan menyapu lantai parket secara rutin setiap harinya. Tidak menyapu lantai parket secara rutin tentu akan berakibat lantai dipenuhi debu yang makin menumpuk. Untuk menyapu lantai parket, anda bisa menggunakan sapu yang bulunya lembut atau bisa juga menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai parket tersebut kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kain lap kering.
  2. Parket lantai yang bahan utamanya adalah kayu, maka jangan sampai lembap. Jika anda mengepel lantai parket dari genangan air saja, maka yang terjadi lapisan plywood pada parket tersebut akan melapukkan kayu. Parket yang lembap itu akan mengakibatkan sendi pada parket akan lepas karena adanya perbedaan tekanan yang sangat drastis.
  3. Membersihkan lantai parket dengan menggunakan air. Air yang dipakai untuk membersihkan ini akan menyebabkan parket pada lantai menjadi terkelupas.

Baca: Cek Harga Parket Kayu

Itulah ketiga cara yang salah dalam upaya untuk merawat parket lantai supaya tetap awet. Melakukan perawatan parket yang baik dan benar, maka akan membuat


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Seluk Beluk Pemilihan Umum Kepala Daerah

Go to post

Faktor yang Menyebabkan AC Setelah Dicuci Malah Terjadi Kebocoran

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php