Blog Agus

Kenapa Sih Negara Harus Mengeluarkan Surat Utang? Apa Untungnya?

Posted: December 16th 2017

Surat utang negara telah diatur dalam UU No. 24 2002 yang merupakan surat pengakuan utang. Surat ini akan diterbitkan untuk diperjualbelikan di pasar perdana mau pun sekunder. Surau utang negara terjamin pembayaran pokok serta bunganya sesuai dengan masa berlaku. Tentunya ini akan menguntungkan kedua belah pihak, yakni investor maupun negara.

Sebagai negara yang terus berkembang, setiap harinya Indonesia membangun infrastruktur menjadi semakin baik. Tentunya setiap pembangunan tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Disinilah pentingnya menerbitkan surat utang negara atau SUN agar negara punya cukup modal untuk membangun dan membiayai segala yang diperlukan negara agar pemerintahan dan juga rakyatnya sejahtera. Untuk anda yang belum mengerti apa keuntungan menerbitkan SUN bagi negara, berikut ini kami bagikan informasinya:

  1. Sumber pembiayaan APBN

Segala yang dibutuhkan negara telah diatur dalam anggaran pendapatan belanja negara atau disingkat APBN. Dengan menerbitkan surat utang negara, maka pembiayaan APBN dapatdiambil dari para investor yang membeli SUN. Dengan begitu, makan SUNini dapat dijadikan sebagai modal tambahan bagi negara untuk menjalankan pemerintahannya.

  1. Menjaga agar kas negara tetap stabil

Dengan diterbitkannya SUN, maka uang kas negara tidak perlu diambil semuanya. Modal untuk belanja negara bisa menggunakan uang dari investor SUN. Dengan demikian kas negara bisa tetap stabil dan bisa digunakan untuk berjaga-jaga bila ada kebutuhan mendadak.

  1. Mendorong investasi

Dengan diterbitkanny SUN, negara mendorong rakyatnya untuk berinvestasi. Tidak hanya menguntungkan untuk negara, tapi juga akan menguntungkan rakyatnya. Tentunya investasi SUN ini aman dan minim risiko. Jika anda berniat untuk berinvestasi di bidang ini, keuntungannya pun cukup besar.

Jenis Surat utang negara

Setelah mengetahui manfaatnya, tak lengkap rasanya jika kita tidak mebahas jenis dari surat utang negara. Apa saja ya jenisnya? Berikut ini kami informasikan khusus untuk anda:

  1. Surat Perbendaharaan Negara

Jenis SUN yang satu ini memiliki jangka waktu setidaknya 12 bulan yang bunganya akan dibayarkan secara diskonto.

  1. Obligasi Negara

Jenis SUN yang lain yakni obligasi negara. Obligasi negara menjadi yangserng dinvestasikan. SUN ini ah untuk dijual kembali. Banyak yang senang berinvestasi di obligasi negara karena keuntungannya yang menggiurkan. Seain itu, juga mini risiko gagal bayar setelah jatuh tempo.

Nah, sekarang sudah mengertikan kenapa negara menerbitkan surat utang negara dan apa pula manfaatnya. Ternyata banyak juga ya keuntungan SUN bagi negara Indonesia maupun untuk rakyatnya. Jangan khawatir ya untuk berivestasi dengan SUN. Risikonya yang minim serta keuntungannya yangmenggiurkan tentunya menjadi daya tersendri bagi investor.tak hanya itu, dengan berinvestasi SUN, anda juga ikut menambah modal negara sehingga pembangunan bisa terus erlanjut. Semoga informsi ini bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php