Blog Agus

Lagu Gundul Gundul Pacul Yang Banyak Dinyanyikan Anak-Anak Jawa

Posted: November 27th 2017

Lagu gundul gundul pacul merupakan salah satu lagu asal Jawa Tengah yang banyak didengarkan oleh masyarakat Jawa. Lagu ini memiliki syair dan lirik yang sederena, namun memiliki kesan yang cukup lucu, sehingga sangat mudah diterima oleh masyarakat Jawab, dimana lagu gundul gundul pacul kerap kali dinyanyikan dan didengarkan oleh anak bersama teman-temannya ketika asyik bermain.

Kepopuleran lagu ini memang membuat banyak yang mencari not lagu gundul gundul pacul untuk dipahami dan dipelajarinya, sehingga saat menyanyikan lagu ini lebih merdu dan syahdu dengan iringan alunan musik.

Perlihal siapa pencipta lagu gundul gundul pacul memang belum ada kejelasan. Pasalnya, ada dua versi pentipa lagu daerah ini. Banyak yang meyakini jika lagu gundul gundul pacul pacul merupakan karya dari Raden Said atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Kalijaga. Namun tak sedikit pula yang menyebutkan jika lagu ini merupakan ciptaan RC Hardjosubroto.

Namun terlepas dari siapa pencipta lagu gundul gundul pacul sebenarnya, lagu ini kian populer dan banyak dinikmati oleh masyarakat Jawa, sehingga not lagu dari lagu tersebut juga banyak dicari. Terlebih, dengan syair yang sederhana ternyata lagu ini memiliki makna yang sangat dalam, dimana lagu ini mengajarkan tentang nilai-nilai kesopanan serta kemuliaan.

Itulah sedikit informasi seputar lagu Gundul Gundul Pacul yang dapat kami berikan kepada anda semua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat kepada anda, khususnya bagi anda yang ingin mengetahui informasi seputar lagu Gundul Gundul Pacul.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php