Blog Agus

Produk Kredit Rumah Dari Bank Sesuai dengan Kemampuan Anda

Posted: October 30th 2017

Memiliki rumah hampir diidamkan oleh setiap orang, apakah itu untuk dijadikan tempat tinggal sendiri, atau dijadikan investasi properti. Harga rumah yang selalu saja naik dari tahun ke tahun membuat menabung rasanya bukanlah hal yang cukup menjanjikan. Jumlah tabungan hampir selalu kurang untuk membeli rumah. Seperti yang kita tau, solusinya adalah dengan kredit kepemilikan rumah atau yang disebut dengan KPR.

Melalui program KPR, anda hanya perlu membayarkan uang muka rumah saja terlebih dahulu. Bahkan sebagian penyedia KPR mengizinkan uang muka ini bisa dicicil. Berikutnya penyedia KPR akan membayarkan rumah anda terlebih dahulu kepada developer atau pengembang. Nah, setiap bulannya selama jangka waktu tertentu, giliran anda yang membayar kepada KPR. Namun tentu ada timbal balik atas jasa KPR tadi, yaitu dengan bunganya juga yang harus anda bayarkan tiap bulan.

Besar bunga yang dibebankan kepada nasabah/pembeli rumah bervariasi pada setiap penyedia KPR. Berdasarkan survei dan surat pembaca Cekaja.com, sebagai pembeli, tentu anda menginginkan bunga yang rendah agar anda memiliki tempat tinggal dan tetap bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya. Tenang saja, dalam hal ini pemerintah telah bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara atau disingkat BTN untuk memberikan KPR dengan bunga rendah dan terjangkau. Jadi, jika anda sering melihat kata-kata KPR disandingkan dengan BTN tidak usah heran, meskipun masih banyak penyedia KPR lainnya. Kalau anda ingin tahu, langsung telusuri di cekaja.com, tapi kali ini kita akan fokus membahas KPR dari BTN dulu ya.

BTN memiliki beberapa produk KPR yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing, mari kita kupas satu per satu.

Kredit Rumah BTN Subsidi

Produk kredit rumah dari Bank BTN yang satu ini sesuai namanya memang disubsidi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang bisa anda andalkan untuk membeli rumah susun maupun rumah tapak. Suku bunganya hanya 5% dan tidak akan pernah naik sampai anda habis mencicil. Yang lebih menggiurkan lagi, uang muka yang perlu dibayarkan mulai dari 1%. Jadi, jika rumah yang anda beli seharga 250 juta, maka anda hanya perlu menyediakan 2,5 juta untuk uang mukanya. Sudah dapat perlindungan asuransi kebakaran dan asuransi jiwa pula!

Produk ini tersedia di seluruh Indonesia dan bisa anda cicil selama 20 tahun. Namun untuk menikmati kemudahan ini ada syaratnya. Selain syarat-syarat umum seperti WNI, telah berusia 21 tahun atau sudah menikah yang dibuktikan dengan fotokopi KTP, slip gaji, NPWP, dan lain-lain, anda juga harus membuat surat pernyataan bahwa anda sebelumnya memang belum memiliki rumah sama sekali untuk tempat tinggal. Gaji anda juga tidak boleh melebihi 4 juta rupiah per bulan jika anda ingin mendapatkan KPR BTN bersubsidi ini untuk membeli rumah tapak, atau 7 juta rupiah untuk membeli rumah susun.

KPR BTN Platinum

Berbeda dengan subsidi, produk KPR satu ini tidak membatasi gaji maksimal atau pembelian rumah ke berapa sama sekali, namun tentu dengan suku bunga di atas subsidi dan masih kompetitif dibandingkan penyedia KPR yang lain. Produk ini bisa anda gunakan untuk membeli rumah baru, rumah bekas, bahkan rumah belum jadi atau rumah yang mau di take over kredit dari bank lain, baik dari developer maupun dari non-developer.

Meskipun suku bunganya di atas subsidi, tapi dapat dicicil hingga 25 tahun dan sudah mendapat berbagai bonus diantaranya perlindungan asuransi kebakaran, gempa bumi, dan asuransi jiwa kredit. Anda hanya perlu melengkapi persyaratan-persyaratan pada umumnya untuk mengajukan perumahan KPR seperti WNI, berusia 21 tahun ke atas atau sudah menikah, slip gaji atau surat kewirausahaan jika anda membuka usaha sendiri/profesional, NPWP, dan lain-lain.

KPA BTN

Tidak hanya rumah petak dan rumah susun. seiring menyempitnya lahan yang bisa dibangun untuk perumahan, sekarang sudah tersedia juga kredit untuk apartemen yang dikenal dengan nama Kredit Kepemilikan Apartemen atau KPA. KPA ini sama dengan produk KPR Platinum, dimana anda tidak dibatasi memiliki gaji berapa atau sudah pernah memiliki rumah sebelumnya. Syarat pengajuan yang diperlukan serta suku bunga dan bonus asuransi yang ditawarkan juga sama. Yang berbeda adalah, jika pada perumahan KPR Bank BTN anda diperboehkan mencicil hingga 25 tahun, pada KPA anda hanya boleh mencicil hingga 15 tahun saja.

Kredit Pemilikan Rumah BTN Syariah

Bagaimana dengan BTN syariah? Dengan konsep dan sistem perbankan syariah, BTN juga mempermudah kehidupan masyarakat yang ingin memiliki rumah atau apartemen dengan pembayaran bertahap, namun tetap sesuai syariat kepercayaannya.

KPR Bank BTN Sejahtera iB diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengambil rumah dengan skema kredit seperti pada subsidi, namun tetap sesuai dengan keyakinannya. Produk ini terutama ditujukan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau disingkat MBR. Dengan menggunakan akad murabahah atau prinsip jual beli islami, masyarakat yang sebelumnya belum pernah memiliki rumah dan menerima subsidi pemerintah untuk memiliki rumah bisa meng-apply produk ini. Namun, tentu saja berapa batas penghasilan sang pembeli rumah diatur oleh syarat dan ketentuan BTN, agar program kredit ini tepat sasaran dan tidak disalah gunakan oleh orang yang mau mengambil keuntungannya saja.

Jika penghasilan anda berada di atas batas penghasilan yang ditentukan, maka anda bisa mengandalkan produk Kredit BTN Platinum iB untuk mendapatkan skema kredit yang sama dengan produk KPR Platinum dari BTN di atas. Namun, untuk produk yang menggunakan akad murabahah atau jual beli ini, rumah anda hanya bisa dicicil selama 15 tahun saja. Pembiayaan yang dikeluarkan oleh BTN Syariah hanya maksimal 80%, jadi anda harus menyediakan 20% nya sendiri. Atau jika anda ingin memakai skema pemotongan gaji setiap bulan, maka anda hanya perlu menyiapkan uang muka 10% saja. Produk KPR ini bisa digunakan untuk membeli rumah baru maupun rumah bekas. Lalu, bagaimana rumah yang belum jadi alias indent? Ada KPR BTN Indent iB.

Produk KPR Indent iB ini memang sengaja dibedakan karena menggunakan akad yang berbeda. Jika pada kedua produk KPR syariah sebelumnya menggunakan akad jual beli, sebagaimana dalam islam barang yang belum ada tidaklah boleh diperjual belikan. Sehingga, produk KPR Indent iB menggunakan akad ishtishna’ atau pemesanan. Selama masa pembangunan rumah, ruko, atau apartemen yang dipesan, pembeli belum diwajibkan untuk membayar atau bahkan mencicil uang muka. Namun sudah disepakati bahwa nantinya ketika sudah jadi rumah akan dihargai misalnya 350 juta. Ketika sudah jadi, barulah anda membayar uang mukanya sendiri sebesar 20% dan mencicil 80% tiap bulannya dengan jumlah yang sudah disepakati di awal, selama paling lama 15 tahun.

Produk KPR BTN mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan dan kemampuana anda? Konsultasikan sekarang dan daftar melalui CekAja.com!

 


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Tutorial Hijab Pashmina Pesta dengan Bross Kupu-Kupu

Go to post

Ibra Enggan Tukar Trofi Liga Dengan Liga Champions

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php