Agung Nugroho

Wireless , Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: December 4th 2012

Teknologi wireless

Perangkat nirkabel cukup kecil untuk dengan mudah membawa atau memakai, memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lain.

Wireless Transmission Media:

  • Wireless Application Protocol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.
  • Microbrowsers adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.
  • Pager adalah satu arah, nirkabel sistem pesan, ia mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.
  • Microwave transmission systems banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-point. Point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight), dan kedua, transmisi itu sendiri harus ketat diarahkan dari pemancar ke penerima.
  • Satellite transmission Sistem transmisi menggunakan satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam orbit yang berbeda:

1. Geostasioner (GEO)

2. Medium-earth-orbit (MEO)

3. Rendah-earth-orbit (LEO)

4. Footprint adalah luas permukaan bumi dicapai oleh transmisi satelit – mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data.

5. Transmisi Broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu.

6. Delay propagasi adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.

 

Beberapa standar yang bisa digunakan dalam wireless computer network:

IEEE 802.15 (Bluetooth) for wireless personal area networks  (PANs) and 802.15.4 (Zigbee).

IEEE 802.11 (Wi-Fi) for wireless local area networks (WLANs)

IEEE 802.16 (Wi-Max) for wireless metropolitan area networks (WMANs)

IEEE 802.20 (proposed) for wireless wide area networks (WWANs).

Problem menggunakan Wi-Fi yaitu Roaming (karena hotspot yang berbeda), Security merupakan kode – kode khusus untuk pengamanan suatu wifi yang digunakan untuk mencegah diobolnya suatu informasi, Cost merupakan masalah biaya yang rendah tetapi tidak gratis.

Mobile computing and mobile commerce

Mobile computing merupakan terkoneksinya antar perangkat mobile dengan wireless secara komputing.Kegunaannya yaitu mobility dan broad reach (jangkauan luas). Mobile commerce merupakan e-commerce yang dilakukan dalam lingkungan wireless melalui jaringan internet. Faktor yang mendorong Mobile Commerce yaitu perangkat mobile ,tidak membutuhkan pc ,cell phone culture ,harga semakin menurun, dan koneksi yang semakin cepat. Application M. Commerce yaitu financial service ,mobile banking ,wireless elektronik payment system ,micropayments ,wireless bill payment.


 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php