Agung Nugroho

Internet, Intranet dan Extranet

Posted: November 13th 2012

1. Internet

Internet merupakan kependekan dari interconnection networking yang merupakan jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet merupakan jaringan terbesar didunia.

Layanan yang ditemukan di Internet:

  • E-mail : adalah layanan dimana sebuah surat di buat dan dikirim kepada seseorang dari seseorang dalam bentuk modul data yang bentuknmya tak terlihat dan tak dapat di pegang, namun dapat dibaca sejara jelas lewat sebuah computer yang terhubung dengan internet
  • Web adalah situs penyedia layanan data pada jaringan internet global
  • Transfer file :   adalah layanan dimana pengguna internet dapat saling mengirim dan mengambil data dari computer satu ke computer yang lain.
  • Chat : adalah obrolan secara live, dimana seseorang dengan orang lain dapat saling berkomunikasi secara langsung dan disaat yang bersamaan
  • Messange Board :  adalah sebuah layanan yang biasanya berisikan dengan iklan.
  • Instant messaging :adalah suatu layanan dimana sebuah pesan yang masuk dapat terlihat dengan mudah contoh paling mudah dalam layanan ini adalah Veronica pada telephon jaman dulu.

2. Intranet

Intranet adalah jaringan private yang menggunakan apliaksi internet protocol TCP/IP, jaringan ini menyediakan akses yang mudah terhada informasi perusahaan bagi karyawan, dan biasanya digunakan untuk mendisplay aplikasi perusahaan.
Sedangkan untuk Extranets adalah perluasan dari sebuah intranet untuk dipilh oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers, extranet juga memberikan akses yang mudah pada informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis

kelebihan Intranet                                          

a.   Produktivitas kerja.
b.   Efisiensi waktu.
c.   Komunikasi yang efektif.
d.   Efektifitas biaya.
e.   Meningkatkan kerja sama.

kekurangan Intranet

 a. Dapat mengurangi efektivitas kerja dengan adanya informas yang salah.

b. Intranet dapat digunakan untuk mengirimkan hal-hal yang kasar dan kurang sopan.
c. Diperlukan pelatihan kepada karyiawan dalam menggunakan intranet.
d. Perlu tenaga ahli untuk membangun intranet
e. Dapat terjadi overload  data jika tidak dilakukan kontrol dengan baik.

3. Ekstranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Cara Kerja Ekstranet :

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Kelebihan dari extranet

Manfaat extranet, seperti waktu yang dikurangi untuk pasar dan biaya melakukan bisnis, dan akses cepat ke informasi mitra, mungkin sebanding dengan keamanan-biaya, server Web dan pengembangan, warisan integrasi sistem, dukungan yang berkelanjutan dan pemeliharaan.

Kerugian ekstranet

Extranet memerlukan sejumlah besar IS waktu dan energi, lebih dari apa yang diperlukan untuk mendapatkan intranet atau situs Web dan berjalan, yang mungkin menempatkannya di bagian bawah dari kelompok IS to-do list.


One response to “Internet, Intranet dan Extranet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php