ActionPlan1817

Lestarikan Aku

Posted: December 12th 2019

Merak hijau (Pavo muticus) (Sumber: Google. com).

Merak hijau atau Pavo muticus atau green peafowl merupakan burung yang mempunyai bulu indah. Populasi merak hijau tersebar di Indocina, Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok. Merak hijau merupakan hewan endemik pulau Jawa khususnya Jawa Timur, untuk saat ini merak hijau dapat ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon Banten, Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur.

Merak hijau mempunyai ukuran tubuh cukup besar sekitar 120- 210 cm. Merak jantan mempunyai warna yang lebih menarik dibandingkan merak betina. Merak jantan akan memperagakan ekornya untuk menarik perhatian merak betina. Makanan merak berupa biji, dedaunan, reptil kecil, belalang dan rayap.

Merak hijau atau Pavo muticus telah masuk dalam klasifikasi Critically Endangered dalam IUCN. Populasi merak hijau menurun sekitar 48%, penyebab penurunan populasi merak karena penangkapan oleh masyarakat, rusaknya habitat dan konversi lahan. Keindahan bulu burung merak mempunyai potensi khusus dalam bidang ekonomi sehingga banyak penangkapan yang dilakukan oleh masyarakat, habitat yang rusak dan konversi lahan yang digunakan untuk pertanian dan perladangan menyebabkan populasi merak hijau semakin menurun.

Action plan adalah rencana aksi yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan satwa terancam punah seperti merak hijau. Action plan yang akan saya lakukan adalah memberikan penyuluhan bagi masyarakat sekitar supaya beralih dari penyerang menjadi penyayang, saya akan bekerjasama dengan pemerintah untuk menerapkan relokasi, rescue dan reintroduksi merak hijau. Masyarakat yang sering melakukan tangkap liar merak hijau dibimbing untuk mengembangkan kreativitas seperti membuat kerajinan tangan dari bahan bekas sehingga mereka akan dapat penghasilan lain.

Action plan ini akan saya lakukan setelah saya meraih gelar S.Si, karena dengan memiliki gelar tersebut saya akan mempunyai peluang lebih besar dalam konservasi. Action plan ini perlu dilakukan karena adanya penurunan populasi dari merak hijau yang merupakan salah satu hewan endemik Indonesia. Keindahan merak hijau patut untuk dipertahankan bukan untuk dimusnahkan karena keserakahan manusia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php