Vincentius Adhitrisna Putra Nugraha

Penerapan IT Untuk Keunggulan Kompetitif

Posted: November 25th 2012

E-Commerce (EC)

E-Commerce adalah sebuah proses jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi. Transaksi ini dominan terjadi melalui jaringan komputer terutama menggunakan jaringan internet. Sejak tahun 1970, sebelum internet di pergunakan secara bebas, awalnya hanya terbatas untuk perusahaan-perusahaan besar saja untuk melakukan sebuah transaksi jual beli barang dengan mudah, dan itu sudah termasuk salah satu dari E-Commerce.

E-Commerce memiliki ruang lingkup seperti

  • Iklan
  • Perbankan
  • Jual Beli
  • Pencarian Pekerjaan
  • Lelang
  • Dan Lain Lain

E-Commerce memiliki beberapa tipe seperti

  • Business-to-Business EC (B2B)
  • Collaborative Commerce (C-Commerce)
  • Business-to-Consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-Businesses (C2B)
  • Consumer-to-Consumer (C2C)
  • Intrabusiness (Intraorganizational) commerce
  • Government-to-Citizens (G2C) and others
  • Mobile Commerce (M-Commerce)

E-Commerce memiliki beberapa jenis seperti:

  • Pure EC : Hanya menjual jasa secara online
  • Partial EC : perpaduan antara dimensi digital (Online) dan fisik ( Benar” memiliki tempat nyata)

Sekarang juga telah dikenal sebuah E-Busines yaitu merupakan perluasan dari definisi EC, yang lebih meliputi layanan konsumen, kolaborasi dengan rekan bisnis, melakukan transaksi elektronik dari sebuah perusahaan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php