Vincentius Adhitrisna Putra Nugraha

Internet, Intranets Dan Extranet

Posted: November 11th 2012

Internet adalah sebuah jaringan di antara jaringan yang sangat besar di dunia. Dengan adanya internet setiap negara maupun warga negara nya masing” mampu untuk berbagi informasi dengan sangat cepat dan terbuka. Internet memberi beberapa layanan seperti : E-Mail, Web, File Transfer, Chat, Message Board, instant Messaging, dan masih banyak lagi. Awalnya internet pada tahun 1969 hanya berjumlah 4 komputer, kemudian pada tahun 1984 hanya 1000 komputer, tapi kalau sekarang 2012 internet di gunakan lebih dari 150 Juta komputer, jadi intinya ternyata internet sangat lah penting bagi dunia moderen ini.

Intranets adalah sebuah jaringan internal yang menggunakan internet, biasanya jaringan ini bersifat pribadi, hanya orang-orang yang memiliki hak akses saja yang bisa masuk kedalam situs tersebut. Intranet biasanya di gunakan oleh perusahaan” besar maupun sekolah”an yang memiliki jaringan internet, sehingga dalam proses pembagian data dapat secara mudah di lakukan melalui intranet.

Extranet adalah sebuah jaringan website yang dimiliki sebuah organisasi atau perusahaan atau sekolah yang  bisa di akses oleh konsumen atau publik tapi hanya sebagian yang di izinkan saja, itu hanya sekedar memperkenalkan dan membagi informasi-inforrmasi pendukung supaya ada yang berminat untuk mendukung atau menyuport organisasi atau perusahaan atau sekolah.

Tambahan: dahulu domain adalah sebuah IP Addres yang sangat ribet seperti 192.168.2.1 dan itu juga sangat susah di hafalkan, sehingga semakin maju nya era di dunia, IP Addres yang sangat susah itu bisa di ubah menggunakan .com .org .uajy.ac.id dan masih banyak lagi. dan untuk membuka domain itu biasanya disertakan dengan WWW(World Wide Web)  yaitu sistem dengan standat universal untuk menyimpan, menerima, memformat dan menampilkan informasi dengan domain tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php