Vincentius Adhitrisna Putra Nugraha

Infrastruktur Teknologi Informasi 1

Posted: September 23rd 2012

Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer terdiri dari beberapa komponen SI yaitu CPU, Memory, Input Device, Output Device. Komponen utama yang terdapat pada Motherboard ialah CPU dan Memory. Di CPU terdapat beberapa komponen yang penting yaitu Processor, Memory, Adapter cards (Sound card, Modem card, Video card, network card), ports, drive bays. Didalam CPU juga terdapat Motherboard yang sangat di butuhkan untuk meletakkan komponen-komponen penting yang tadi di sebutin karena motherboard ialah sirkuit utama dalam sistem unit  sebuah komputer.

Di CPU juga terdapat sebuah Microprocessor yang sangat penting sebagai otak atau pengatur dari Control Unit, Arithmetic-Logic Unit, Registers, Primary Storage dan semua yang perlu sebuah control di dalam sebuah komputer. Primary storage dan secondary storage biasanya disebut sebagai main memory  yang fungsinya  untuk menyimpan setiap byte di lokasi yang unik biasanya lokasi itu disebut sebagai address. Bytes ialah ukuran dasar dari penyimpanan di komputer.

Didalam sebuah komputer dekstop maupun laptop, pasti memiliki RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory). Sifat dari sebuah Ram iyalah tidak permanent sedangkan ROM permanent dan Ram Rom sangat lah berpengaruh pada Performa sebuah komputer. Faktor-faktor yang mempengaruhi peforma sebuah komputer antara lain Clock Speed, word length, bus width, line width. Di dalam sebuah CPU terdiri dari sebuah Machine Cycle yang terdiri dari 4 proses yaitu Fetch (Memperoleh Insstruksi), Decode (Instruksi jadi perintah), Execute (menjalankan perintah), dan Store (menulis hasil ke memory) yang langsung muncul di layar komputer.

Komputer umumnya di klasifikasikan oleh kemampuan pemrosesannya, contohnya seperti: Supercomputers, Mainframes, Midrange, Workstations, Microcomputers, Computing appliances. Perangkat keras juga terdiri dari Input device dan output device.

Demikian ringkasan yang saya buat pada pertemuan kali ini, jika terdapat kesalahan kata saya Mohon maaf. Trimakasih


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php