Aditya Pratama

REVIEW 7

Posted: November 11th 2012

INTERNET, INTRANETS DAN EXTRANETS

Internet adalah Jaringan komputer terbesar di dunia. selain itu internet juga memberikan beberapa  layanan yang dapat mempermudah komunikasi dari jaringan komputer seperti layanan email, web,transfer file ,chatting,message board, dan instant messaging. dalam pembangunan internet sendiri sebenarnya memerlukan beberapa infrastruktur yang merupakan koneksi yang biasa disediakan oleh para provider.

layanan internet yang bisadikatakan paling menonjol saat ini adalah layanan World Wide Web(WWW), layanan ini adalah layanan yang menggunakan internet transport  menmpilkan dan mendapatkan informasi , dibangun dengan bahasa HTML yang merupakan bahasa yang biasa digunakan untuk pembangunan web juga bisa menampilkan media media berupa text, sound dan graphics.

tantangan dari internet sendiri adalah ssebagai berikut yaitu adanya teknologi baru yang dapat diadopsi oleh vendor, makin meluasnya regulasi tentang internet tentang aturan fungsionalitas dari internet itu sendiri, masalah laulintas internet yang semakin lama semakin meluas juga merupakan tantangan terhadap  perkembangan internet. masalah keamanan dari pengguna internet juga merupakan ancaman untuk perkembangan internet itu sendiri, hal itu dikarenakan adanya rasa ingin tau dengan pengumpulan cookies  dan informasi dari para pengguna

intranet adalah jaringan internal yang menggunakan koneksi internet  , intranet sendiri bersifat private untuk para karyawan perusahaan yang biasanya digunakan untuk mendeploy aplikasi dari perusahaan itu sendiri.

Extranet adalah perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers dan penggunaan extranet sendiri dipilih untuk memberikan keamanan yang lebih extra pada perusahaan. extranet sendiri dapat digunakan untuk menjadi alat kolaborasi antar perusahaan  dan dari penggunaan extranet sendiri dapat memberikan keuntungan berpa biaya komunikasi yang menjadi lebih rendah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php