Aditya Pratama

REVIEW 3

Posted: September 27th 2012

COMPUTER HARDWARE

pada umumnya komputer terdiri dari 2 bagian umum yang merupakan komponen utama dari komputer itu sendiri, yaitu software dan hardware. dan pada bab ini nantinya akan dibahas tentang hardware (perangkat keras). beberapa komponenpenting dari hardware sendiri ada 4 yaitu

a.CPU -> tempat mengontrol semua proses utama di dalam komputer

b.memory -> tempat menyimpan data sementara dan instruksi yang dijalankan komputer

c.input device-> peralatan yang digunakan untuk menambahkan proses ke dalam komputer

d.output device-> alat yang digunakan untuk menghasilkan keluaran dari proses yang terjadi dalam komputer

1.CONTROL PROCESSING UNIT (CPU)

Motherboard yaitu papan utama yang berisikan semua komponen komponen dari komputer contohnya adalah adapter cardschips, prosesor yang terdapat di dalam CPU. Komponen utama dalam motherboard adalah CPU itu sendiri yang sering disebut dengan prosesor (pemberi perintah kepada komputer) dan memori. Di dalamnya teredapat microproccessor yang mempunyai beberapa bagian yaitu :

a. Control Unit -> mengakses instruksi program, mengontrol arus data

b. Arithmetic Logic Unit -> menampilkan data komputasi, menampilkan perbandingan data

c. Register -> penyimpanan data kecepatan tinggi, memegang kendali data dan perintah

d. Memory -> dibagi menjadi primary (register, RAM, cache memory, ROM) dan secondary (flashdisk, harddisk eksternal)

 

2.memory

ada beberapa jenis dari memory yang beredar untuk saat ini, contohnya adalah register memory yang merupakan memory utama dan merupoakan bagian dari control unit , kemudian ada RAM adalah chip memori yang dapat melakukan pembacaan dan penulisan  prosesor, disebut juga sebagai memori utama, kebanyakan bersifat volatile (data hilang jika daya hilang), semakin banyak RAM semakin cepat proses komputer. setelah itu ada cache memory yang merupakan bagian penyimpanan antara penyimpanan sekunder dengan RAM, kemudian yang terakhir adalah ROM . ROM adalah chip memori yang menyimpan data permanen dan perintah, bersifat nonvolatile(data tidak akan hilang jika daya hilang), mempunyai 3 jenis yaitu firmware, PROM, dan EEPROM.

 

3.input device

input device peralatan yang digunakan untuk menjalankan perintah pada komputer agar dapat menjalankan prosesnya, contohnya adalah mouse, keyboard , microphone, joystick,DLL

 

4.output device

output device adalah perangkat yang digunakan untuk mengeluarkan informasi tersebut seperti printer, layar, headphone, dan speaker.

 

 

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php