adita

SEJARAH GAME

Posted: September 27th 2018

SEJARAH GAME GENERASI PERTAMA

Pada seputar tahun 1952, Alexander Shafto Douglas atau Sandy, membuat permainan pc grafis pada saat ia menguber titel di kuliahnya EDSAC computer di University of Cambridge. Permainan ini diberi nama “Tic-Tac-Toe”. Dari sinilah perubahan game mulai banyak muncul.

https://blogs.uajy.ac.id/adita/files/2018/09/download-3.jpg

Selanjutnya di tahun 1958, William Higinbotham dapat membuat video game pertamanya yg dinamakan “Tennis for Two”. Termasuk juga analog permainan pc interaktif, serta salah satunya permainan elektronik pertama yg memakai penampilan grafis. Brookhaven National Laboratory berubah menjadi tempat di mainkanya game itu.

Lalu di tahun 1962, game baru terwujud. Mahasiswa bernama Steve Russell menciptakanya game pc interaktif pertama yg diberi nama “SpaceWar”. Permainan berikut ini yg dimainkan dengan memakai pc. Spacewar merupakan salah satunya permainan video pc digital pertama.

Sedang game interaktif tv pertama-tama di dapatkan di tahun 1966. Diketemukan oleh Ralph Baer serta permainan itu diberi nama Chase. Ralph baer termasuk juga perintis, penemu, sekaligus juga insinyur serta kondang dengan sebutan “Bapak Video game”.

Pada tahun 1971, Nolan Bushnell serta Ted Dabney bekerja bersama-sama membuat permainan Arcade SpaceWar. ini pertama-tamanya permainan arcade dibuat. Serta permainan ini dinamakan Computer Ruang. Game dengan coin buat metode pengoprasian.

Di tahun 1972, Bushnell bersama-sama Dabney membangun perusahan yg diberi nama “Atari“. Tapi masihlah di tahun yg sama, pembuatan video game malahan dimulai oleh Ralph Baer. Ia membuat home video game pertama dengan nama “Magnavox Odyssey” yg prototypenya diberi nama Brown Box yg laku di bursa pasaran. Didalamnya ada 16 game hingga konsol ini tertulis berubah menjadi gamekonsol pertama dalam dunia.

Pada tahun 1973, Tito Corporation ikut juga menyemarakkan dengan meluncurkan game “Elepong”, bersifat ding dong. Atari meluncurkan arcade Gotcha, serta Midway meluncurkan Winner.

GENERASI KEDUA

Tahun 1974, Nakamura Manufacturing (saat ini dikenal Namco) menekuni juga dalam video game sesudah beli Atari Jepang.
Baru di tahun 1975, Atari meluncurkan video game arcade dengan nama “Pong”. Serta ditahun yg sama game pc pertama turut launching, bernama Gunfight yg launching oleh Midway. Masihlah ditahun itu, rakasasa hari esok mengawali upayanya dengan membangun Microsoft yg nantinya berubah menjadi pembuat home video game konsol di zaman 20. Siapa lagi jika bukan Bill Gates serta Paul Allen.

https://blogs.uajy.ac.id/adita/files/2018/09/Screenshot_4.jpg

Di tahun 1976, Atari mendesain home video game versus Pong. Tapi di tahun ini, Busnell akan memutus buat jual Atari pada Warner Communication. Tapi ia masihlah bekerja di Atari sampai 1978. Yg lalu Steve Jobs serta Steve Woznlak akan memutus buat keluar dari Atari sesudah menuntaskan Breakout. Mereka membangun perusahaan untuk bikin pc, yg sampai saat ini semakin memfasilitasi kehidupan dunia di zaman 20. Yg biasa kita kenal dengan Apple.

Dan tak lama kemudian diawal tahun 20014 sampai sekarang mulai lah berbagai game onlie yang muncul di dalam hp atau di playstore yang bisa di maikan dengan chip coin atau bisa juga dengan uang asli . yang biasa di sebut situd judi online.

Tahun 1977, mulainya game konsol memakai catridge merambah. Atari meluncurkan VCS (Video Computer Sistim) “Atari 2600”. Serta sejumlah game konsol lainnya ditahun yg sama. Game juga kembali di ramaikan. Dengan timbulnya home pc “Apple II”. Rincian Apple II kala itu CPU 6502, RAM 4kb, serta sarana game di dalamnya.

Masuk tahun 1978, Fitur-fitur baru selalu di perkenalkan. Atari mengenalkan “trackball” buat sarana game footballnya. Midway meluncurkan game “Space Invader”. Game ini adalah arcade pertama oleh karena ada score paling tinggi di dalam permainan itu. Masihlah di tahun yg sama, “Handheld Microvision” launching oleh Milton Bradley. Piranti game LCD ini merupakan kombinasi pada home console berbasiskan catridge serta bentuk portable. Serta yg sangat dinantikan, Magnavox kembali dengan meluncurkan konsol manis dengan grafik bagus dan keypad berhuruf serta berangka. “Odyssey Ver 2”.

GENERASI KETIGA

Bergeser ke tahun 1979, MatteLElectronics mengenalkan Konsol Intellvision. Banyak dari home sistim yg lainnya sesuaikan arcade menjadikanya panutan standar. Atari juga coba meningkatkan konsol yg ada hologram didalamnya, tapi gak kunjung launching. konsol ini diketahui dengan nama Cosmos. Ditahun ini mengenai game “Asteroid”, game yg satu ini dapat menuliskan score paling tinggi dengan 3 huruf pemiliknya serta dapat tersimpan di dalam mesin. Activision juga dibuat di tahun ini, dengan pengembangnya merupakan eks anggota Atari, yakni Larry Kaplan, Allan Miller, Davis Crane, serta Bob Wihtehead. “Activision” berubah menjadi vendor software videogame pertama. Sesungguhnya ini tahun di mana PC yg mulai tumbuh juga di lirik pasar.

https://blogs.uajy.ac.id/adita/files/2018/09/Screenshot_5.jpg

Di tahun 1981, Electronic Games berubah menjadi majalah games pertama. Majalah ini di munculkan Arnie Katz serta Bil Kunkel. Serta Nintendo U. S. mengerjakan kerja sama dengan negeri matahari muncul itu.

Pada tahun 1982, home video game Atari kembali meluncurkan “Atari 5200” Super Sistim. Di lain bagian Coleco juga meluncurkan “Coleco Vision”. Home videogame basis berkualitas. Diikuti rilisnya game Donkey Kong di dalam sistemnya. Serta ditahun ini GCE dikenalkan “Vectrex”, all in one home console. Jay Smith mengerjakan rancangan awal serta Milton Bradley melanjutkanya.

Dan sekarang game yang sedang di minati adalah sepak bola yang sangat ramai dimainkan dan sangat laris sebelum muncul nya game yang sekarang sedang booming dikalangan anak muda.

Trip Hawkins Keluar dari urutan direktur di perusahaan Steve Jobs. Serta membangun Elektronic Arts, yg nantinya berubah menjadi produsen game terkenal sampai sekarang ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php