one my way

Komputer Software

Posted: October 1st 2012

Software adalah kumpulan instruksi  yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem. Sistem komputer ada 3 yaitu: harsware, software dan brandware. Dewasa ini tantangan pada penggunaan software sangatlah besar, karena lebih dari 70% dari project software gagal, penyebab kegagalan dari pembuatan software adalah karena over buget dan over schedule. System Software berguna untuk mengatur Hardware dan menghubungkan Application Software dengan Hardware.

System Software dapat dibagi lagi menjadi 2, yakni System Control Programs dan System Support Programs. System Control Program merupakan Operating System atau sistem operasi yang digunakan oleh sebuah komputer untuk mengatur segala sumberdaya yang digunakan oleh sistem seperti hardware, software dan data. System Support Program, seperti namanya berfungsi untuk mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan sebuah sistem komputer, contohnya performance monitor yang berguna untuk memonitor penggunaan sumberdaya, dan security monitor yang berguna untuk menjaga keamanan komputer dari berbagai hal yang tidak diinginkan.
Software merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
1. Sistem Operasi (Operating System)
2. Program Utility
3. Program Aplikasi4. Program Paket
Fungsi Software Beberapa fungsi software antara lain :
•    mengatur Input atau Output (I/O) dari PC
•    menyediakan dan mengatur serta memerintahkan hardware agar dapat berjalan dengan baik
•    menjalankan perintah-perintah tertentu seperti menggambar, memutar musik atau film.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

computer hardware

Go to post

MENGELOLA DATA DAN INFORMASI ORGANISASI

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php