adhimasangga

Macam-macam Jenis Paku untuk Bangunan

Posted: July 14th 2021

Paku merupakan jenis bahan konstruksi bangunan yang berbentuk bulat panjang yang terbuat dari logam besi dan mempunyai ujung yang runcing. paku biasanya digunakan untuk menyambung potongan kayu dengan kayu lainnya, paku juga biasanya digunakan sebagai pengganti sekrup. ada berbagai macam jenis paku di pasaran yang bisa anda beli, paku di desain sesuai dengan kebutuhan penggunanya dengan memperhatikan panjang dan diameternya.

Berikut jenis-jenis paku

Paku Beton

Paku jenis ini biasanya digunakan untuk melubangi bagian permukaan beton yang keras.  paku ini ini memiliki bentuk yang besar dan sangat kuat sehingga dapat menembus dinding beton yang kokoh. ada dua macam jam jenis paku beton, yang pertama paku putih, dan yang kedua paku hitam, paku beton dengan warna hitam mempunyai ukuran 3 sampai dengan 7 cm sedangkan paku beton yang warna putih berukuran sekitar 2,5cm sampai dengan 12,5cm. 

Paku Seng

Paku jenis ini ini biasanya digunakan untuk merekatkan lembaran-lembaran seng yang terdapat pada reng, pada paku ini bagian kepala nya mempunyai ukuran yang lebih lebar sehingga disebut juga dengan nama Paku payung, di pasaran paku ini ini memiliki ukuran yang bermacam-macam antara 1 sampai dengan 10 cm.

Paku Kayu

Paku kayu biasanya digunakan untuk menyambungkan material-material yang terbuat dari bahan kayu, selain digunakan dalam proses pembuatan sebuah bangunan paku kayu juga sering digunakan oleh para pengrajin kayu untuk membuat karya seninya. panjang dari paku kayu yang dijual ini mulai dari 2 cm sampai dengan 10 cm .

Round Wire Nail

Paku jenis ini adalah paku yang paling umum digunakan untuk pekerjaan bangunan, di toko bangunan anda akan dapat menemukannya dengan sangat mudah dan dengan ukuran yang bermacam-macam, ciri khas dari paku ini adalah penampangnya yang berbentuk bulat sehingga Anda harus berhati-hati ketika akan menerapkannya sebab pukulan yang keras dapat menyebabkan material pakunya menjadi patah.

 

Demikianlah jenis-jenis paku bangunan yang perlu Anda ketahui agar anda bisa menggunakannya dengan benar.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php