adhimasangga

Hubungan Genre Musik dengan Kepribadian yang Menarik untuk Diketahui

Posted: July 5th 2021

Setiap orang memiliki kepribadian yang membedakan satu orang dengan lainnya. Kepribadian seseorang dapat dipengaruhi genetik atau garis keturunan. Selain itu, kepribadian juga erat kaitannya dengan lingkungan sekitar yang mempengaruhi kebiasaannya. Salah satu kebiasaan yang mungkin memengaruhi kepribadian adalah mendengarkan musik. Lalu bagaimana hubungan musik dengan kepribadian yang dimiliki oleh pendengarnya? Simak penjelasan berikut.

Beberapa Hubungan Musik dengan Kepribadian

Musik sering dikaitkan dengan kondisi psikologi seseorang. Hal tersebut menyebabkan genre musik yang disukai oleh seseorang mampu menggambarkan kepribadiannya. Banyak penelitian yang telah dilakukan dan didapatkan korelasi yang cukup erat untuk menggambarkan kedua hal tersebut. Berikut beberapa hubungan musik dengan kepribadian seseorang yang perlu kamu ketahui.

Seseorang yang menyukai genre musik EDM biasanya memiliki kepribadian yang menyenangkan karena dia adalah orang yang suka bersosialisasi dengan orang banyak. Pecinta genre musik ini biasanya juga energik, memiliki semangat juang yang tinggi, serta kreatif. Namun orang yang menyukai musik EDM biasanya kurang memiliki sensitivitas dan cenderung lugas dalam menyampaikan pendapat. Dia akan dengan cepat meninggalkan seseorang yang sering berkata kurang jelas dan berputar-putar.

Berbeda dengan penggemar EDM, Pecinta musik klasik. Musik klasik memiliki karakteristik yang lembut dalam penyampaiannya. Instrumen yang digunakan dalam genre musik ini juga tergolong sederhana dengan perubahan tempo yang sangat halus. Oleh karena itu, seseorang yang menyukai musik klasik biasanya tergolong tertutup dan kurang suka bersosialisasi. Mereka lebih senang menyelam dalam pikiran masing-masing untuk menghasilkan suatu hal yang luar biasa. Bisa dikatakan orang yang menyukai musik ini memiliki kecerdasan yang tinggi, oleh karena itu disarankan ibu hamil mendengarkan musik klasik untuk melatih kecerdasan janin yang dikandungnya.

Genre musik lain yang dapat memengaruhi kepribadian seseorang adalah musik rock. Genre ini memiliki karakteristik pembawaan alat musik yang keras. Gitar dengan distorsi tebal, drum yang keras dan tegas, serta vokal yang bernada tinggi. Berdasarkan karakteristik genre musiknya, seseorang yang menyukai musik rock biasanya memiliki kepribadian yang tegas, mudah meluapkan emosi, dan cenderung santai dalam mengambil keputusan hidup. Pecinta genre musik ini diyakini merupakan seseorang yang sensitif namun tidak suka berurusan dengan kepentingan orang lain.

Jika penggemar musik rock memiliki kepribadian yang tegas, maka hal tersebut berbanding terbalik dengan pecinta musik Reggae. Orang yang suka mendengarkan musik reggae biasanya cenderung santai dalam menjalani hidup, dalam artian mereka kurang mau bekerja keras untuk sesuatu yang ingin dicapai. Mereka selalu berkeyakinan bahwa setiap masalah akan menemukan solusi dengan sendirinya dan akan mencapai tujuan seiring berjalannya waktu. Namun, pecinta musik ini diyakini merupakan seseorang yang kreatif dan mudah bersosialisasi dengan siapapun.

Genre musik selanjutnya adalah musik jazz. Penggemar musik ini diyakini adalah seseorang yang romantis dan mudah mengungkapkan perasaannya kepada kekasih. Komponen genre jazz yang terdiri dari berbagai alat musik menandakan bahwa orang yang menyukainya memiliki kreativitas yang tinggi, sensitif, dan cerdas. Orang yang menyukai musik jazz juga termasuk seseorang yang mudah bergaul dengan sesamanya serta cenderung terbuka dalam menerima saran orang lain.

Musik Indie akhir-akhir sedang marak kemunculannya di dunia musik. Genre musik ini ditandai dengan musisi yang menciptakan, menyanyikan, serta memproduksi musik tersebut tanpa dinaungi oleh label besar tertentu. Musisi Indie biasanya menawarkan lagu-lagu mereka ke kerabat terdekat, platform online, dan mengadakan konser-konser kecil untuk memperkenalkan karyanya. Orang yang menyukai musik indie biasanya adalah mereka yang suka tantangan, anti mainstream, kreatif, serta berpikiran terbuka.

Itulah beberapa hubungan genre musik dengan kepribadian penikmatnya. Apakah kepribadianmu sesuai dengan musik yang kamu dengarkan? Tentu kepribadian masih banyak dipengaruhi oleh berbagai hal lain. Teruslah belajar untuk membentuk kepribadian yang tepat.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Menerima Kontrak Kerja Sama

Go to post

Mengenal Penjahit Bendera Merah Putih

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php