adhimasangga

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Menerima Kontrak Kerja Sama

Posted: June 26th 2021

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat merancang kontrak kerja sama bisnis, khususnya yang berkaitan dengan pembiayaan atau pinjaman modal usaha. Hal ini bisa menimbulkan celah bagi mereka yang ingin menjerumuskan Anda menjadi korban penipuan.

Dalam beberapa kasus banyak pengusaha yang kurang teliti dalam membaca kontrak perjanjian sebelum menandatanganinya. Kebiasaan semacam ini tentu berisiko tinggi merugikan Anda maupun perusahaan dan pihak-pihak lain yang terlibat.

kontrak perjanjian kerjasama

Perhatikan 5 Hal Ini saat Menerima Kontrak Kerja Sama

Sebelum Anda menandatangani kontrak perjanjian kerja sama, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Jangan Memulai Kegiatan Tanpa Kontrak

Meskipun Anda bekerjasama dengan teman dekat ataupun keluarga, Anda tidak boleh memulai kegiatan apapun sebelum kontrak perjanjian kerjasama disepakati kedua pihak. Perilaku ini dapat melindungi Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk pemerasan atau indikasi penipuan yang bisa saja terjadi.

2. Pahami Bahasa Kontrak

Cermati dan pahami bahasa kontrak kerja sama bisnis secara detail. Umumnya kontrak perjanjian dibuat dengan bahasa dan istilah yang spesifik sehingga tidak mudah dipahami oleh sebagian orang. Oleh karena itu Anda tidak perlu ragu bertanya atau berkonsultasi dengan ahlinya apabila dibutuhkan.

Mengetahui seluruh isi kontrak secara detail sangat penting agar Anda tidak melewatkan berbagai elemen di dalamnya.

3. Menghadirkan Saksi

Untuk beberapa bentuk kerja sama seperti pinjaman modal sebaiknya menghadirkan beberapa orang yang dapat menjadi saksi. Masing-masing pihak yang terlibat di dalam kontrak perjanjian itu juga wajib hadir untuk menandatangani surat bersama-sama.

Nantinya setiap saksi yang hadir juga harus menandatangani kontrak perjanjian kerja sama dan tertera bahwa mereka wajib berbicara apabila ada salah satu pihak yang mengingkari isi kontrak.

4. Tanda Tangan Kedua Pihak

Apabila salah satu pihak beralasan atau berhalangan untuk menandatangani kontrak kerja sama, maka kontrak tersebut tidak sah dan tidak berlaku. Keputusan ini harus diambil secara tegas dan jelas supaya Anda tidak dirugikan oleh siapapun.

Segala ketentuan dan kesepakatan yang sudah ada dalam kontrak perjanjian kerja sama otomatis gugur atau tidak berlaku lagi.

5. Bertanya Kepada Rekan Bisnis

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum menandatangani kontrak perjanjian adalah bertanya kepada rekan bisnis secara detail tentang poin-poin di dalam kontrak. Pastikan kedua pihak saling memahami setiap poin dan detail yang ada di dalam kontrak tersebut.

Jangan sampai ada salah satu pihak yang dirugikan hanya karena kurang teliti dalam memahami perjanjian yang disepakati. Hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan bisa menjadi awal dari perpecahan bisnis.

 

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menerima atau menandatangani kontrak kerja sama bisnis. Pastikan Anda memahami seluruh isi kontrak perjanjian agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

2 Jenis Kelengkeng Puang

Go to post

Hubungan Genre Musik dengan Kepribadian yang Menarik untuk Diketahui

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php