adhimasangga

3 Makanan Olahan Kelengkeng Matalada yang Lezat dan Patut Dicoba

Posted: June 10th 2021

Buah kelengkeng adalah buah yang terkenal di kawasan Asia terutama Asia Tenggara. Buah yang memiliki bentuk bulat dengan kulit berwarna cokelat ini banyak disukai oleh orang karena rasa buahnya yang manis dan juga tekstur daging buahnya yang begitu renyah. Buah kelengkeng yang enak biasanya kering dengan sedikit kandungan air dengan begitu ketika memakan buahnya tidak akan benyek seperti rambutan.

Buah kelengkeng yang saat ini sedang banyak dibudidayakan adalah bibit kelengkeng matalada. Banyak yang menyukai kelengkeng ini karena rasa buahnya yang manis, daging buahnya tebal, dan yang paling penting bijinya sangat kecil. Buah kelengkeng matalada juga banyak dijadikan sebagai olahan makanan yang dapat menggugah selera anda. Mau tau bisa diolah menjadi apa saja buah kelengkeng matalada ini? Berikut daftarnya.

1.    Almond jelly with longans

Bukan hanya sekedar makanan pencuci mulut Almond jelly merupakan makanan ringan sekaligus pencuci mulut yang terkenal di kawasan Asia. Hidangan yang satu ini berasal dari Tiongkok ini menjadi hidangan utama untuk mencuci mulut saat memasuki musim panas, karena rasa buahnya yang segar dan juga nikmat saat disantap.

Biasanya untuk membuat hidangan ini anda membutuhkan bahan utama yakni bubuk agar-agar yang dicampur dengan susu, susu yang digunakan juga biasanya susu kedelai. Dan kacang almond yang digunakan biasanya sudah berbentuk bubuk almond powder.

Selain kelengkeng matalada, almond jelly juga biasa disajikan bersama buah-buahan lain agar memperkaya rasa dan juga tekstur saat digigit. Biasanya buah yang digunakan paling banyak untuk membuat hidangan ini ada dua yakni kelengkeng dan juga lechi.

2.    Bubur kelengkeng

Selain diolah menjadi berbagai makanan ringan, ternyata buah kelengkeng matalada juga bisa diolah menjadi makanan berat yang disukai oleh siapapun. Buah kelengkeng yang satu ini bisa diolah menjadi bubur yang sama seperti bubur tahu. Bubur merupakan makanan yang cocok untuk mengganjal perut saat sedang lapar, atau sangat cocok untuk dijadikan menu hidangan untuk sarapan.

Tidak sama seperti bubur nasi, bubur kelengkeng menggunakan bahan dasar beras ketan yang pada hari sebelumnya sudah direndam selama satu malam penuh. Saat memasak beras ketan ini masukkan buah kelengkeng matalada dan juga goji berry untuk menambah rasa. Bubur kelengkeng sangat terkenal di tiongkok karena terbukti kaya rasa dan juga kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

3.    Dried longan

Dried longan adalah salah satu hidangan asli yang berasal dari Vietnam yang memiliki arti kelengkeng kering atau orang setempat menyebutnya sebagai long nhan. Dengan membuat kelengkeng menjadi kering buah kelengkeng akan menjadi lebih tahan lama atau dapat memperpanjang usia dari buah kelengkeng itu sendiri. Rasa dari buah kelengkeng yang dilah menjadi dried longan akan tetap enak dan juga tidak akan mudah berubah.

Walaupun begitu buah kelengkeng tetap tidak akan memiliki bentuk dan tampilan warna yang sama karena sudah mengalami pengeringan.  Kelengkeng matalada yang dibuat menjadi dried longan akan memiliki penampilan buah yang kering sehingga tidak mulus dan segar seperti saat pertama buahnya dibuka. Kemudian warna dari kelengkeng yang sudah dikeringkan akan menjadi lebih gelap dan tekstur buahnya akan mengkerut karena sudah kering.

Demikian ulasan kami tentang makanan yang terbuat dari olahan kelengkeng matalada. Jika anda ingin membudidayakan bibit kelengkeng matalada di rumah anda bisa menghubungi situs penjual bibit seperti bibitbuahku.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

6 Keunggulan Bibit Anggur Import Transfiguration

Go to post

Harga Aspal Hotmix Jakarta Terbaru 2021

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php