adhimasangga

2 Olahan Kelengkeng New Kristal yang Mudah Dibuat

Posted: June 14th 2021

Kelengkeng new kristal merupakan buah kelengkeng yang saat ini sedang sangat populer dan banyak diminati oleh orang-orang. Rasa buah kelengkeng new kristal memang cukup istimewa. Buah ini memiliki citarasa manis dan juga sangat renyah, rasa renyah pada buah kelengkeng new kristal berasal dari kandungan air pada buahnya yang sangat sedikit.

Ukuran buah kelengkeng new kristal juga sangat besar. Bayangkan saja, satu dompolan buah kelengkeng new kristal mampu mencapai bobot hingga 2 sampai 3 kg. dengan buah yang besar tersebut akan membuat siapapun yang memakan buah kelengkeng new kristal akan merasakan kenikmatannya.

Buah kelengkeng new kristal selain dapat dimakan langsung juga dapat dibuat olahan makanan yang menggugah selera. Ada beberapa resep untuk mengolah kelengkeng menjadi makanan yang jauh lebih lezat. Berikut adalah beberapa resepnya.

1.    Asinan Kelengkeng New Kristal

Cara membuat asinan kelengkeng new kristal ini sangat mudah, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep kelengkeng yang satu ini yaitu :

  • 1 kg kelengkeng new kristal kemudian kupas kulitnya
  • Cabai merah keriting sebanyak 5 buah
  • Cabai rawit sebanyak 5 buah
  • Setengah sendok makan asam jawa kemudian larutkan ke dalam air
  • Gula sebanyak 7 sendok makan
  • 1 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Kemudian berikut adalah langkah-langkah untuk membuat asinan kelengkeng new kristal. Pertama ulek terlebih dahulu cabai merah dan juga cabai rawit, jangan terlalu halus, anda bisa menguleknya hingga kasar-kasar saja juga tidak apa-apa. Lalu rebus air hingga mendidih dan tunggu hingga dingin. Masukkan cabai yang sudah diulek dan juga kelengkeng ke dalam rebusan air. Berikan juga bumbu-bumbu lainnya. Aduk -aduk hingga semuanya bercampur menjadi satu. Setelah itu simpan asinan di dalam kulkas setidaknya selama 1 jam agar semua bumbunya meresap. Setelah lewat satu jam maka asinan kelengkeng sudah bisa dinikmati.

2.    Gula Jahe Kelengkeng

Gula jahe kelengkeng ini cocok sekali untuk dinikmati saat cuaca sedang panas. Selain itu cara membuat gula jahe kelengkeng juga sangat mudah. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat gula jahe kelengkeng yaitu:

  • 1 sendok makan asam jawa kemudian larutkan ke dalam air.
  • Jahe sepanjang 3 cm kemudian bakar, setelah itu memarkan.
  • Gula merah sebanyak 150 gram
  • Air sebanyak 400 milliliter
  • Kelengkeng new kristal sebanyak 200 gram
  • Es batu sesuai selera anda.

Cara untuk membuat gula jahe kelengkeng yaitu pertama masukan air ke dalam panci, kemudian rebus hingga mendidih. Masukkan asam jawa, jahe yang sudah dibakar dan dimemarkan, dan juga gula merah. Masak sampai tercium aroma harum dari dalam panci. Setelah tercium aroma harum angkat panci dan dinginkan isinya. Setelah dingin masukkan air jahe dan juga es batu ke dalam blender. Setelah itu blender hingga halus. Masukkan kelengkeng new kristal ke dalam gelas saji dan tuangkan air jahe ke dalam gelas tadi. Hidangkan saat gula jahe sudah dingin.

Itulah dua resep makanan dan minuman yang terbuat menggunakan bahan kelengkeng new kristal. Jika anda tertarik anda bisa mencobanya di rumah, selamat mencoba.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/jual-bibit-new-kristal-kristal-2.htm


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Catering

Go to post

Pisang yang Cocok Dijadikan Keripik serta Cara Membuatnya

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php