adhimasangga

2 Jenis Kelengkeng Puang

Posted: June 15th 2021

Kelengkeng merupakan tanaman buah jenis lerak-lerakan yang banyak tumbuh di kawasan Asia tenggara. Beberapa negara seperti Thailand dan Indonesia pun yang termasuk kawasan Asia Tenggara diketahui mampu menumbuhkan tanaman buah kelengkeng bahkan hingga berbuah. Kedua negara tersebut memiliki jenis kelengkeng unggul tersendiri contohnya Thailand. Buah kelengkeng dari Thailand sangat banyak jenisnya salah satu yang paling terkenal adalah jenis kelengkeng puang.

Kelengkeng puang sendiri memiliki jenis yang beragam juga. Bagi anda yang belum tahu di Indonesia saat ini ada 2 jenis kelengkeng puang yang berasal dari Thailand yang diketahui mampu tumbuh dan berbuah dengan baik. Berikut adalah 2 jenis kelengkeng puang yang berasal dari Thailand.

1.    Kelengkeng Puangray

Kelengkeng puangray merupakan salah satu anggota keluarga kelengkeng puang yang diketahui dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di Indonesia. kelengkeng yang satu ini diketahui memiliki sifat yang genjah serta memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Jika anda menanam kelengkeng puangray, hanya dalam waktu 1 tahun atau bahkan kurang pohon kelengkeng ini sudah mulai berbuah.

Ditambah lagi waktu berbuahnya bukan hanya dalam kurun waktu satu tahun sekali, jika dirawat dengan baik pohon kelengkeng puangray dapat berbuah setiap 2 – 3 kali dalam kurun waktu satu tahun. Benar-benar luar biasa. Jika anda ingin menanam bibit kelengkeng puangray ini anda bisa menghubungi bibitbuahku untuk mendapatkan bibitnya.

Untuk soal rasa tidak perlu diragukan karena kelengkeng puangray memiliki buah dengan rasa yang manis, daging buah kelengkeng ini juga tebal kemudian biji buahnya juga relatif kecil jadi anda pasti akan terpuaskan setelah memakan buah kelengkeng puangray ini.

2.    Kelengkeng Puang Phet

Satu lagi jenis keluarga kelengkeng puang yang diketahui dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia adalah kelengkeng puangphet. Kelengkeng puangphet dibawa pertama kali oleh petani Semarang dan belum lama ini populer setelah pohon induknya berbuah. Ternyata bibit kelengkeng puangphet yang ditanam tersebut menghasilkan dompolan dengan buah yang banyak.

Bibit kelengkeng puangphet juga dikenal genjah karena dapat tumbuh dan berbuah dengan cepat, hanya butuh waktu 1 tahun. Setelah masa penanaman pohon kelengkeng puangphet pun sudah mulai belajar berbuah. Sifatnya yang genjah tersebut tentu saja harus didukung dengan perawatan yang baik pula. Agar sifat dan keunggulan dari bibit kelengkeng puangphet dapat maksimal.

Rasa buah kelengkeng ini juga sangat manis, dengan daging buah yang renyah serta sangat kering. Bahkan buah kelengkeng puangphet ini tidak mengeluarkan air sama sekali saat kulit buahnya dikupas. Buah kelengkeng seperti inilah yang dicari dan disukai oleh banyak orang. Daging buah kelengkeng puangphet juga sangat tebal ditambah biji yang kecil akan membuat anda yang menikmati buah kelengkeng ini menjadi sangat puas.

Jika anda berminat untuk membudidayakan kedua jenis kelengkeng puang tersebut segera dapatkan bibitnya di toko-toko pertanian terdekat, atau hubungi toko online BibitBuahku untuk mendapatkan bibit kelengkeng yang berkualitas.

Demikian ulasan buah kelengkeng yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kegiatan berkebun anda, sampai jumpa di artikel-artikel mengenai bibit tanaman selanjutnya.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Pisang yang Cocok Dijadikan Keripik serta Cara Membuatnya

Go to post

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Menerima Kontrak Kerja Sama

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php